10 Cara Mengobati Kudis di Kepala dengan Bahan Rumahan

10 Cara Mengobati Kudis di Kepala dengan Bahan Rumahan

Apakah Anda senantiasa menggaruk kepala karna seringkali gatal? Bila ya, ada peluang itu dikarenakan oleh kudis di kepala. Kudis adalah kulit yang menonjol, berkerak, atau bebercak pada kulit kepala. Terkadang berwarna kekuningan, dapat pula cokelat gelap, kemerahan, atau mungkin saja hitam. Kudis di kepala seringkali merasa gatal serta terkadang berdarah baca juga

Problem kulit ini pastinya cukup buat malu, terlebih bila rasa gatalnya tidak tertahankan serta Anda tidak miliki alternatif lain terkecuali selalu menggaruknya.

Kerapkali kudis di kepala berlangsung karna keadaan kulit kepala yang kering. Diluar itu juga mungkin saja jadi tanda dari problem kulit beda yang merubah kulit kepala, seperti dermatitis kontak, ketombe, psoriasis, eksem seboroik, kurap, kutu rambut, serta herpes zoster.

Dalam sebagian masalah, kudis bisa berlangsung karena lakukan bermacam perawatan serta styling rambut, umpamanya mengepang, memutihkan, serta memberi warna rambut dengan zat pewarna.

Kerapkali kudis di kepala dapat pulih sendiri, namun Anda dapat memakai beberapa bahan rumahan jadi langkah menyembuhkan kudis di kepala untuk percepat pemulihannya. Walau demikian bila kudis menutupi semua sisi kepala atau problemnya telah kritis, baiknya selekasnya jumpai dokter.

Kompres Hangat

Untuk langkah menyingkirkan kudis di kepala, Anda butuh menghaluskan kerak-kerak di kulit memakai kompres hangat. Seraya kudis jadi lembut, mereka juga akan mulai mengecil. Kompres hangat bagus juga untuk kurangi tanda gatal-gatal.

Rendamlah handuk di air panas lantas peras.

Balut handuk menutupi kepala.

Diamkan sepanjang 10 – 15 menit supaya panas dari handuk menghaluskan kudis.

Sisir rambut untuk singkirkan keropeng-keropeng yang terlepas.

Kerjakan ini sehari-hari sekali.

Cuka Apel

Cuka apel adalah bahan yang bagus untuk menyembuhkan kudis di kepala karna memiliki kandungan kekuatan anti-bakteri serta anti-jamur yang bisa menangani beragam penyebabnya kudis. Diluar itu, cuka apel juga mampu menyeimbangkan kandungan pH kulit kepala, hingga menolong kurangi gatal serta kekeringannya.

Campur 2 sendok makan cuka apel raw, unfiltered kedalam 1 gelas air hangat.

Pakai larutan ini untuk membersihkan rambut.

Pijat-pijat perlahan kepala Anda sepanjang 5 menit.

Basuh dengan air bersih.

Kerjakan langkah menyembuhkan kudis di kepala ini 1 – 2 kali dalam satu minggu.

Catatan : Bila problemnya cukup kronis, Anda dapat memakai larutan kombinasi cuka apel serta air hangat dalam jumlah sepadan. Tapi janganlah pakai cuka apel yang undiluted, karna dapat membahayakan keadaan kulit kepala.

Pijat dengan Minyak Hangat

Untuk kurangi gatal serta kulit kepala kering, langkah yang bagus yaitu dengan pijat memakai minyak hangat. Minyak, seperti minyak zaitun, bisa membuat susunan yang menolong kulit kepala tetaplah lembap. Karenanya ini adalah satu diantara langkah menyingkirkan kudis di kepala yang efisien.

Panasi ¼ gelas minyak zaitun ekstra virgin.

Pakai minyak hangat ini untuk memijat kepala dengan perlahan-lahan sepanjang 5 – 10 menit.

Bila perlu, sisir rambut untuk meratakan minyak ke semua rambut.

Gunakan shower cap atau plastik untuk menutupi kepala serta biarlah minyaknya semalaman.

Pada pagi hari, bersihkan rambut serta kulit kepala dengan shampo memiliki bahan kimia enteng.

Ulangilah beberapa langkah ini sejumlah 3 kali dalam satu minggu.

Gel Lidah Buaya

Langkah menyembuhkan kudis di kepala setelah itu adalah memakai gel lidah buaya. Bahan alami yang lembut serta mendinginkan ini juga akan meredakan rasa sakit serta gatal, juga dapat membuat perlindungan kulit kepala dari infeksi. Selain itu juga bekerja jadi conditioner untuk melembapkan kulit kepala kering serta menolong melindungi keseimbangan kandungan pH.

Ambillah sisi gel dari daun lidah buaya. Bisa juga berikan minyak dari 2 kapsul vitamin E.

Pakai jari-jari Anda untuk meratakan gel semua keropeng di kulit kepala Anda.

Biarlah gel tetaplah di kepala sepanjang paling tidak 1 jam.

Kerjakan therapy ini dengan keramas memakai shampo memiliki bahan kimia enteng.

Kerjakan ini 2 – 3 kali dalam satu minggu.

Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Minyak pohon teh dipenuhi dengan kekuatan anti-jamur, anti-inflamasi, serta anti-bakteri alami yang bisa digunakan untuk menangani gatal terkait dengan kudis di kepala. Juga mampu bersihkan kulit kepala dari organisme-organisme beresiko.

Tuang 10 tetes minyak pohon teh kedalam ¼ gelas minyak almond. Pijatkan ke kulit kepala lantas diamkan hingga 5 menit. Lalu keramas rambut seperti umum. Kerjakan ini 2 – 3 kali dalam satu minggu.

Alternatifnya, tuang 10 – 20 tetes minyak pohon teh ke ½ gelas shampo bayi, lantas pakai itu untuk keramas rambut sehari-hari hingga keadaan kulit kepala Anda lebih baik.

Minyak Jojoba

Minyak jojoba juga dapat meredakan beberapa gejala kudis di kepala serta percepat sistem pengobatannya. Kekuatan melembapkan yang dipunyainya menolong kembalikan keseimbangan minyak alami pada kulit kepala Anda, yang perlu untuk menangani kulit kepala kering serta kudis. Diluar itu minyak ini kaya senyawa anti-jamur.

Sebelumnya pergi tidur, berikan minyak jojoba seperlunya ke kulit kepala.

Pijat-pijat dengan perlahan-lahan sepanjang sebagian menit.

Biarlah semalaman.

Pada pagi hari, keramas memakai shampo memiliki bahan kimia enteng.

Kerjakan langkah menyembuhkan kudis di kepala ini 1 – 2 kali dalam satu minggu.

Air Perasan Lemon

Air perasan lemon juga akan menolong menangani rasa gatal serta keadaan kulit kepala kering, karena kandungan antiseptik di dalamnya. Sesudah problem kulit kepala kering berhasil diatasi, jadi kudis umumnya juga akan pulih secara cepat. Lemon sangat bermanfaat untuk menyingkirkan ketombe atau kurap, dua penyebabnya umum kudis di kepala.

Tuang ½ sendok teh air perasan lemon kedalam minyak zaitun hangat. Pijatkan ke kulit kepala serta diamkan sepanjang 30 menit sebelumnya membilasnya. Kerjakan ini 3 – 4 kali dalam satu minggu.

Alternatifnya, campur air perasan ½ lemon dengan 2 sendok makan yogurt plain, lantas berikan ke kulit kepala. Diamkan sepanjang 10 menit sebelumnya keramas dengan shampo memiliki bahan kimia enteng. Kerjakan ini 3 kali dalam satu minggu.

Listerine

Anda dapat juga memakai obat kumur Listerine (yang berwarna kuning) jadi langkah menyingkirkan kudis di kepala yang dikarenakan oleh infeksi jamur. Beberapa orang mengakui berhasil memakai langkah tersebut.

Basuh rambut dengan air hangat serta keringkan dengan handuk.

Celupkan bola kapas dalam Listerine lantas berikan ke beberapa ruang kudis di kepala.

Diamkan sepanjang sebagian menit, lalu basuh rambut dengan air hangat.

Kerjakan langkah tersebut sekali satu minggu sepanjang 2 – 3 minggu.

Catatan : Supaya tidak mengeringkan rambut, berikan conditioner ke pertengahan hingga ke ujung rambut sebelumnya memoleskan Listerine ke kulit kepala.

Boraks

Walau kedengaranya aneh, tapi rupanya boraks bisa bekerja begitu baik dalam menyembuhkan kudis di kepala. Bahan ini terutama bagus untuk menangani kudis yang dikarenakan oleh infeksi jamur.

Campur ½ gelas borkas kedalam 4 gelas air hangat.

Tuang itu ke semua kulit kepala.

Diamkan sepanjang 1 jam, lantas basuh dengan air bersih.

Bila rambut jadi kering, oleskanlah minyak zaitun seperlunya ke rambut serta kulit kepala.

Kerjakan ini sejumlah 2 – 3 kali dalam satu minggu.

Catatan : Bertentangan dengan pendapat umum, janganlah ganti boraks dengan asam borat, karna asam borat bisa menyebabkan resikonya beresiko.

Daun Mimba

Tanaman mimba amat manjur untuk menyembuhkan problem kulit kepala apapun. Ini karena kekuatan anti-bakteri dan anti-jamur di dalamnya yang menolong menghindar infeksi serta percepat pengobatan. Diluar itu mimba juga efisien untuk menangani rasa gatal yang tidak tertahankan.

Panasi segenggam daun mimba didalam 2 gelas air sepanjang 10 menit. Ambillah daunnya, lantas biarlah air rebusannya mendingin dalam suhu ruang serta pakai itu untuk mencuci rambut Anda. Kerjakan ini sehari-hari.

Langkah beda yaitu dengan mencampurkan 4 – 5 tetes minyak mimba dengan 1 sendok teh minyak kelapa ekstra virgin. Pijatkan ke kulit kepala serta biarlah semalaman. Pada pagi hari, keramas dengan shampo memiliki bahan kimia enteng. Kerjakan ini tiap-tiap 2 hari sekali.

Untuk mengoptimalkan beberapa cara diatas, baiknya tahan hasrat untuk selalu menggaruk kulit kepala. Karna hal itu dapat menyebabkan infeksi dan menyebabkan sisa luka yang permanen. Hingga kudis di kulit kepala menghilang, janganlah pakai beberapa produk rambut yang bisa menghematasi kulit kepala, umpamanya obat pelurus rambut serta shampo memiliki bahan kimia keras.

Terkecuali memakai langkah menyembuhkan kudis di kepala dengan bahan rumahan, kadang-kadang Anda mungkin saja butuh memakai obat antibotik beri. Oleh karenanya, bila beberapa cara diatas tidak mujarab, sebaiknya jumpai dokter untuk memperoleh perawatan yang lebih efisien.


Leave a Reply