4 Cara Cepat Menghilangkan Plak Gigi

Akan menurunnya rasa kepercayaan diri seseorang pada saat munculnya karang gigi atau plak gigi. Oleh karena itu setiap orang pastinya akan berusaha untuk menghilangkan plak giginya dengan cepat. Terbentuknya plak ini adalah karena adanya kotoran yang menempel pada gigi, dan lama kelamaan akan menjadi kerasa hingga membentuk seperti kerak atau kerang. Adanya kotoran pada gigi tersebut berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari hari dimana makanan yang dimakan tersebut mudah sekali menempel terlebih pada bagian sela sela gigi. Terkadang meski sudah menggosok gigi, tetapi sisa makanan susah hilangnya. Dengan demikian, cara menghilangkan plak gigi ini penting.

Hal tersebut dikarenakan tempat tempa yang sulit akan sulit dijangkau oleh sikat gigi, atau menggosok giginya kurang benar. Terlebih lagi bagi mereka yang malas menggosok gigi pastinya akan mudah sekali didalam giginya akan terbentuk plak.

Adanya plak gigi ini tidak hanya akan merusak penampilan saja tetapi juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti terjadinya infeksi pada gigi dan gusi, gigi akan mudah menjadi keropos, akan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap, dan akan beresiko menimbulkan gangguan pencernaan. Oleh karena itulah adanya plak gigi ini harus segera dihilangkan. Berikut 4 cara cepat menghilangkan plak gigi diantaranya yaitu :

  1. Dengan Menggosok Gigi Secara Rutin

Cara yang paling utama untuk menghilangkan plak gigi dengan cepat adalah rutin menggosok gigi. Didalam setiap harinya cobalah untuk menggosok gigi secara rutin minimal 2 kali. Dengan rutin menggosok gigi maka sisa sisa makanan yang ada didalam rongga mulut akan dapat dibersihkan, sehingga plak di rongga mulut tidak akan menumpuk. Pada saat menggosok gigi gunakanlah pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride, karena kandungan tersebut memiliki khasiat dapat mencegah dan sekaligus dapat mengurangi plak pada gigi.

  1. Dengan Melakukan Flossing

Dengan melakukan Flossing juga akan dapat menghilangkan plak gigi dengan cepat. Flossing ini sendiri merupakan kegiatan membersihkan sisa sisa makanan yang menempel pada gigi dan sela selanya dengan memanfaatkan benang gigi. Pastinya benag gigi yang digunakan adalah benang gigi khusus yang berada didalam kemasan steril.

  1. Dengan Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk juga ternyata dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan plak gigi. Cara memanfaatkannya sangatlah mudah yaitu dengan menggosokkan kulit jeruk tersebut pada bagian gigi. Kandungan Vitamin C yang ada didalam kulit jeruk dipercaya efektif dapat melawan mikroorganisme dan menghilangkan plak gigi. Selain itu juga kulit jeruk ini bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi dan juga menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

  1. Dengan Menggunakan Cengkeh Dan Air Lemon

Untuk menghilangkan plak gigi dengan cepat juga maka bisa dengan mengkombinasikan antara cengkeh dan air lemon juga. Cara memanfaatkannya sangatlah mudah yaitu dengan menyiapkan sekitar 4 hingga 5 butir cengkeh, lalu ditumbuk hingga halus. Setelah itu tambahkan air perasan lemon sebanyak 1 sdm kedalamnya lalu diaduk hingga rata. Kemudian oleskan ramuan tersebut pada gigi dan gosoklah dengan menggunakan sikat gigi seperti biasanya dan lakukan ini secara rutin.

Selain itu masih ada cara menghilangkan plak gigi yang lainnya seperti dengan menggunakan baking soda, biji asam kawak, dan buah apel. Bagi mereka yang memiliki kebiasaan merokok juga sebaiknya mulai dikurangi atau lebih bagus lagi dihindari. Karena adanya zat didalam rokok yang mudah menyebabkan terbentuknya plak gigi.


Leave a Reply