4 Tips Dalam Menjalankan Puasa Ramadan

 

Waktu cepat berlalu, tidak terasa bulan Ramadhan telah tiba. Artinya, semua umat islam harus mengemban ibadah puasa sekitar satu bulan penuh. Tentunya bulan ini paling ditunggu-tunggu dan tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat yang beragama islam bakal menyambut bulan yang sarat berkah ini dengan paling gembira, Sebab banyak sekali kisah yang menceritakan hikmah puasa.

Lantaran bulan Ramadhan adalah bulan yang paling istimewa, yakni Allah SWT memberikan sekian banyak  macam kesenangan yang sangat spektakuler berupa ampunan dosa, rahmat yang berlimpah, pahala yang dilipatgandakan dan sebagainya.

Pastikan Anda sudah bersiap diri sebelum menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan supaya kenikmatan yang diserahkan Allah SWT bakal terasa. Nah, bicara guna mendapatkan apa yang diharapkan tidak dapat diraih dengan teknik instan, butuh ada urusan yang mesti dilaksanakan mulai dari memahami jadwal puasa ramadhan sampai tips simpel lainnya layaknya berikut ini:

  1. Niat Lahir dan Batin

Niat adalah landasan paling awal ketika hendak melakukan sesuatu. Adanya niat pada diri ini akan dominan  pada proses dan hasilnya di lain hari. Memang benar, setiap insan tidak akan dapat memprediksi hasil baik atau buruk, tapi andai dari permulaan sudah niat maka ada bisa jadi mendapatkan kemudahan pada prosesnya dan pasti akan menyerahkan hasil baik.

Siapkan diri berniat lahir dan batin, supaya mendapatkan kelancaran ketika berpuasa. Di samping itu, Anda menemukan kelancaran beribadah dan dapat merasakan kesenangan yang diserahkan oleh Allah SWT. Artinya, Anda bakal selalu mengawal hati, pandangan atau perilaku buruk sekalipun.

  1. Prioritaskan Ibadah daripada Media Sosial

Bermain media sosial boleh-boleh saja, tapi betapa baiknya andai waktunya tersebut digantikan dengan melakukan kebaikan salah satunya dengan beribadah layaknya mengaji, bersedekah dan sebagainya atau kita juga dapat gunakan media sosial untuk menggali informasi keagamaan supaya ilmu yang dipunyai semakin bertambah.

Bukan melulu itu saja, kini ini dengan memakai smartphone kita juga dapat mengaji dengan software Al-qur’an yang di download di play store. Sementara untuk memperhatikan tausiah keagamaan tidak butuh lagi mesti  ke masjid atau perkumpulan pengajian, Anda cukup tinggal membuka Youtube dan menggali tema tausiah yang hendak didengarkan. Dengan begitu, Anda dapat melakukan kebajikan dimana dan kapan saja.

Ingatlah untuki prioritaskan beribadah daripada melulu membuang waktu untuk menyaksikan postingan yang dapat saja meminimalisir pahala seperti foto atau video makanan, minuman, dan sebagainya. Allah SWT akan menyerahkan pahala dengan jumlah yang tidak sedikit jika kita sering beribadah kepada-Nya, baik ibadah yang besar maupun kecil.

  1. Jaga Kesehatan

Pada umumnya, banyak sekali orang akan melalaikan kesehatan ketika berpuasa. Faktanya, tiap berbuka puasa tentunya Anda bakal lebih memilih mencicipi gorengan, makanan dan minuman yang manis. Jika mengkonsumsi makanan dan minuman seperti tersebut secara terus menerus maka kesehatan Anda bakal terganggu di lain hari. Agar selalu sehat, usahakan mulailah meminimalisir makanan dan minuman yang tidak sehat. Tidak terdapat salahnya merubah menu hidangan berbuka puasa dengan yang sehat, urusan tersebut tidak bakal mengurangi kesenangan Anda ketika berpuasa. Jangan tak sempat imbangin dengan minum air putih, vitamin dan mengerjakan olahraga ringan supaya kesehatan tetap terjaga.

4. Lakukan dengan Setulus Hati

Banyak  orang yang beragama islam menjalan puasa hanya sebatas melakukannya sebab kewajiban, tetapi tidak dijalankan dengan baik. Lakukanlah ibadah puasa kita dengan hati yang tulus ikhlas supaya ibadah yang dilaksanakan tidak percuma dan tentunya akan menemukan keberkahan serta kesenangan di bulan suci Ramadhan.


Leave a Reply