Bagaimana Visi Anda Berubah Seiring Usia Anda?

Visi Berubah Seiring Usia Anda

Saat Anda berusia 20-an atau 30-an, Anda kemungkinan besar tidak menghabiskan banyak waktu memikirkan penglihatan masa depan Anda. Anda mungkin mengambil langkah-langkah untuk melindungi kesehatan fisik Anda, dan Anda mungkin mempertimbangkan karir dan rencana hidup masa depan Anda. Tetapi Anda mungkin jarang berhenti untuk mempertimbangkan dampak tindakan Anda saat ini terhadap kesehatan mata di masa depan.

 

Jika Anda berusia antara 20 dan 30 tahun, Anda mungkin memperhatikan bahwa kebanyakan orang tua memiliki kacamata. Namun, Anda tidak yakin apakah pengamatan ini berarti Anda akan membutuhkan kacamata juga, padahal mungkin bisa dengan terapi mata minus. Anda mungkin tidak tahu apa yang akan terjadi sehubungan dengan penglihatan Anda seiring bertambahnya usia atau apa yang dapat Anda lakukan untuk menjaga mata Anda tetap sehat.

 

Baca Juga : Tiga Cara untuk Memperlambat Rabun Jauh

 

Perubahan Terkait Usia  dari Dekade ke Dekade

Semoga, Anda telah mencapai usia 20-an atau 30-an tanpa melalui perubahan visi utama. Dalam kebanyakan kasus, Anda mungkin belum mengalami hal yang lebih parah daripada kasus mata merah atau kacamata atau resep kontak. Jika skenario ini menggambarkan pengalaman Anda sejauh ini dalam hidup, inilah yang dapat Anda harapkan seiring bertambahnya usia.

 

40-an

Sekitar usia 40, kebanyakan orang mulai mengalami kondisi yang disebut presbiopia. Presbiopia, atau pengerasan lensa mata Anda, mempersulit Anda untuk fokus pada objek yang terlalu dekat. Setiap orang dewasa mengalami pengerasan lensa ini, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang hal itu. Dalam banyak kasus, Anda dapat mengurangi dampaknya hanya dengan memegang objek (seperti buku) jauh dari wajah Anda.

 

Setelah Anda mulai kesulitan fokus pada benda-benda terdekat, jadwalkan janji temu dengan dokter mata Anda. Mudah-mudahan, Anda telah memulai kebiasaan mengunjungi dokter mata sekali setahun, jadi langkah ini seharusnya tidak terlalu sulit. Ia dapat memberi Anda resep lensa yang akan membantu Anda melihat lebih baik.

 

50-an

Presbiopia sering meningkat sekitar usia 50. Lensa Anda terus mengeras seiring bertambahnya usia, jadi Anda mungkin perlu memperbarui resep kacamata Anda lebih sering untuk mengikuti perubahan. Jika Anda hanya menggunakan kacamata baca di usia 40-an, Anda mungkin perlu berinvestasi lebih banyak kacamata pada saat ini, mungkin perlu satu set untuk membaca dan lainnya untuk tugas sehari-hari.

 

60-an

Beberapa masalah mata menjadi lebih umum setelah Anda berusia di atas 60 tahun. Anda dan dokter mata Anda harus waspada untuk masalah-masalah berikut.

 

Glaukoma. Jika Anda memiliki glaukoma, tekanan darah di mata Anda telah meningkat, menyebabkan kehilangan penglihatan. Mereka yang berusia di atas 60 adalah enam kali lebih mungkin untuk mengembangkan glaukoma. Diabetes juga dapat menyebabkan glaukoma. Meskipun glaukoma tidak dapat disembuhkan, ia dapat diobati dan dikelola ketika terdeteksi dini.

 

Katarak. Usia dapat menyebabkan lensa mata Anda menjadi lebih buram, yang membuat Anda lebih sulit untuk melihatnya. Orang yang berusia di atas 40 tahun lebih mungkin mengembangkan katarak daripada kelompok umur lainnya.

 

Degenerasi makula. Kondisi ini adalah penyebab utama kehilangan penglihatan bagi individu di atas 60. Jika Anda memiliki regenerasi makula, retina Anda mulai memburuk, yang akhirnya menghancurkan visi Anda. Kondisi ini mempengaruhi lebih banyak orang daripada glaukoma dan katarak, dan saat ini tidak dapat disembuhkan.

 

Banyak dari masalah mata ini awalnya tidak menunjukkan gejala, jadi Anda harus mengunjungi dokter mata Anda setahun sekali atau segera setelah Anda melihat adanya masalah terkait penglihatan.

 

Cara Melindungi Visi Anda Sekarang

Sekarang setelah Anda tahu bagaimana mata Anda akan berubah selama beberapa dekade mendatang, Anda mungkin merasa khawatir dengan penglihatan Anda. Meskipun Anda tidak dapat mengontrol kondisi tertentu yang terjadi seiring bertambahnya usia, seperti presbiopia, Anda dapat mengambil langkah-langkah tertentu di usia 20-an dan 30-an untuk menjaga penglihatan Anda tetap sehat sepanjang hidup Anda:

 

  • Kunjungi dokter mata Anda setidaknya setahun sekali. Ia dapat menangkap dan mengobati masalah penglihatan lebih awal daripada nanti, yang membantu mata Anda tetap sehat selama bertahun-tahun.
  • Memakai kaca mata hitam. Sinar UV merusak mata Anda dan dapat menyebabkan kondisi seperti degenerasi makula. Sebelum Anda membeli kacamata hitam, baca label untuk memastikan kacamata melindungi Anda dari sinar UV.
  • Hindari merokok. Merokok menggandakan risiko Anda mengalami degenerasi makula di tahun-tahun berikutnya. Semakin awal Anda berhenti, semakin baik peluang Anda untuk melindungi penglihatan Anda.
  • Makanlah makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Memiliki tubuh yang sehat berarti memiliki mata yang sehat juga. Selain itu, olahraga dan makanan sehat dapat menjaga tekanan darah Anda rendah dan membantu Anda menghindari diabetes.

 

Ketika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melindungi visi Anda sekarang dan di masa depan. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kesehatan mata Anda saat ini, bicarakan dengan dokter mata Anda. Pastikan Anda bekerja dengan ahli kacamata untuk menemukan lensa dan bingkai yang tepat untuk situasi unik Anda.

 


Leave a Reply