Beberapa Ciri Toko Online Penipu

Di era digital yang seperti sekarang ini, kamu bisa melakukan apa saja dengan sangat mudah. Misalnya saja pada saat berbelanja baik jasa ataupun barang. Sekarang ini kamu sudah bisa berbelanja secara online melalui internet. Ada banyak Platform e-commerce yang akan memudahkan kamu untuk berbelanja apapun. Tetapi sayangnya tidak semua toko online memiliki atau menjunjung tinggi kejujuran. Hal inilah yang akan menyebabkan orang berpikir dua kali pada saat akan berbelanja secara online.

Supaya tidak terjebak berbelaja di online shop yang tidak jujur, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu ciri dari online shop yang tidak jujur, terlebih platform platform yang ada di Instagram. Berikut beberapa ciri online shop yang tidak jujur diantaranya yaitu :

  • Off Comment

Salah satu ciri mudah mengetahui online shop yang tidak jujur adalah online shop tersebut off comment. Alasan tidak diaktifkannya section komentar atau feeds dari sebuah online shop adalah bukan karena owner yang malas melihat notifikasi yang bermunculan. Tetapi supaya para korban sebelumnya yang merasa tertipu tidak dapat berkomentar, sehingga tidak akan terbukanya kedok jika situs tersebut tidak jujur.

  • Testimoni Dan Bukti Transfer

Testimoni yang diupload oleh sang penjual biasanya hanya berupa deal antara penjual dan pembeli. Testimoni dari pembeli pada saat barang sudah ditangan biasanya tidak akan diupload oleh si penjual. Pasalnya barang tersebut sebenarnya tidaklah sampai ke tangan pembeli. Walaupun ada tentunya testimony itu adalah hasil curian. Selain itu juga kamu dapat melihat dari bukti transfer yang terkadang akan diupload oleh si penjual, si penjual akan selalu mensensor rekening miliknya. Intinya jika sebuah online shop jujur maka tidak akan menutup nutupi nama rekening aslinya. Dan bahkan kamu tidak jarang dapat melihatnya penjual menaruh nama rekening aslinya pada bio section.

  • Ada Orang Pajak

Dan ciri yang ketiga adalah online shop yang menjual barang black market. Yang perlu kamu ingat adalah jika adanya orang pajak yang bekerja dibawah pemerintahan. Mereka pastinya tidak akan mungkin mendekati seseorang dengan cara yang tidak resmi misalnya saja melalui WhatsApp ataupun menggunakan nomor handphone. Mereka biasanya akan meminta transfer uang yang katanya untuk biaya proses menjadikan barang illegal yang akan kamu beli menjadi barang legal.

Terlebih lagi jika mereka mengatakan uang akan kembali dalam beberapa saat. Hal ini sudah terlihat sangat jelas merupakan tindakan yang tidak resmi dan pastinya tidak akan dilakukan oleh orang orang dari Pemerintahan. Oleh karena itu kamu harus berhati hati dan jangan pernah transfer kepada siapapun.

  • Barang Murah Dan Harga Diskon

Jika sebuah online shop menawarkan barang dengan harga yang sangat murah, maka dapat dipastikan jika ini adalah ciri mencolok dari penipuan. Sebagai contoh jika sebuah kamera dari merk tertentu memiliki harga normal Rp. 7 jutaan, tetapi jika adanya online shop yang menawarkannya dengan harga Rp. 5 jutaan maka kamu patut untuk mewaspadainya. Tujuan mereka menawarkan harga yang sangat murah adalah supaya banyaknya korban yang merasa tergiur.

Selain itu masih ada ciri lain dari online shop penipu yaitu tidak menerima COD atau Cash On Delivery. Dalam arti si pembeli membayar atau bertransaksi pada saat barang yang diinginkannya sudah sampai ditangan dengan selamat.