Beberapa Minuman Buka Puasa Yang Menjadi Favorit Masyarakat Indonesia

Takjil atau makanan ringan dan minuman buka puasa yang terdiri dari berbagai macam. Minuman buka puasa yang manis dan segar menjadi menu takjil favorit bagi masyarakat Indonesia. Di saat-saat menjelang buka puasa, pasti akan banyak yang kita temui penjual minuman takjil buka puasa di pinggir-pinggir jalan. Harga nya pun terbilang related mahal disaat bulan puasa, namun biasanya tetap laris membeli nya tidak ada rasa keberatan demi kesegaran setelah seharian berpuasa.  Ini biasa menjadi peluang usaha musiman yang juga sangat menguntungkan. Kamu bisa menyediakan sop buah, juice dan lain-lain alu menentukan lokasi yang pas untuk membuka lapak berjualan.

Dibawah ini beberapa minuman buka puasa yang manis dan segar, special untuk bulan Ramadhan.

 

Es kolak Pisang

Siapa yang tidak mengenal kolak pisang yang sudah menjadi ikon takjil pada saat bulan Ramadhan, Minuman kolak pisang sudah sangat merakyat di Indonesia.

Rasanya sangat merakyat menjadikan minuman ini banyak dijual dipinggir jalan bahkan banyak pula orang-orang dermawan membagikan minuman es kolak pisang kepada pengendara-pengendara yang tidak sempat untuk berbuka puasa di tempatnya.

Untuk membuat nya kamu hanya membutuhkan pisang kepok dan ubi kuning untuk isian nya sementara untuk kuahnya kamu hanya memerlukan air santan, sedikit tepung maizena, serta gula merah yang dicairkan.

Kolak pisang atau ubi merupakan ciri khas dari masyarakat Indonesia untuk takjil puasa.

 

ES Cendol dan ES dawet

Selanjutnya adalah es cendol atau juga dikenal dengan es dawet. Yang merupakan minuman manis khas Indonesia, saat bulan puasa es cendol ini begitu populer dan menjadi minuman favorit keluarga untuk dihidangkan, bahan utama yang ada di cendol ini adalah dawet yang dibuat dari tepung beras dan hunkwe.

Dawet diolah dengan ditambahkan pewarna makanan yang menjadikan dawet ini begitu khas. Umumnya berwarna hitam agak kecoklatan untuk yang berbentuk kotak, ada pula yang memiliki warna hijau,

Kuah untuk es manis ini berasal dari santan dan air rebusan yang sudah dicampur dengan daun pandan. Rasa manis yang khas ada pada minuman ini diperoleh dari gula merah cair kamu bisa mengatur kadar manisnya sesuai selera mu.

 

Minuman Buka Puasa Es Sop Buah

Sop buah merupakan minuman yang menjadi favorit selanjutnya. Di saat saat menjelang berbuka puasa, pasti banyak sekali kita temui penjual sop buah di pinggir-pinggir jalan.

Cara membuat sop buah ini cukup mudah kamu hanya perlu menyiapkan 3-4 jenis buah favoritmu, buah-buahan yang bisa kamu pakau bebas dan bisa kamu lebihkan, sebagai buah yang direkomendasikan adalah buah jeruk, naga, semangka, melon, stroberi, pepaya, anggur.

Untuk membuat kuah sop buah sangatlah mudah siapkan air matang, susu kental manis dan sirup rasa strawberry atau cocopandan, tidak masalah juga jika kamu tidak menambahkan sirup. Campurkan buah-buahan ke dalam susu dan sajikan dengan es yang sudah dipecah dan juga diserut.

 

Lemon Tea

Es teh lemon atau kerap disebut dengan lemon tea. Memang menjadi salah satu minuman buka puasa yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Untuk membuatnya saja sangat mudah tinggal masukan teh celup sariwangi, lalu potong lemon tambahkan gula sesuai selera lalu sajikan sewaktu dingin.

 

Bukan hanya saat dingin teh juga sangat baik disajikan hangat dengan aneka macam makanan ringan untuk takjil.


Leave a Reply