Bolehkah Penderita PCOS Mengonsumsi Kedelai?

Bolehkah Penderita PCOS Mengonsumsi Kedelai?

Dalam banyak penjelasan kami terdahulu telah kami bahas tentang apakah itu penyakit PCOS serta bagaimana bebrapa kemungkinan dari penyakit ini. Juga apa sebagai penyebabnya timbulnya penyakit PCOS ini baca juga

PCOS mempunyai kaitan erat dengan masalah pada system endokrin yang menyebabkan produksi hormon pembawa unsur maskulin yaitu hormon androgen dalam jumlah terlalu berlebih. Juga terkait dengan problem resistensi insulin.

Disangka insulin yang terlalu berlebih serta tidak memperoleh tanggapan baik dari sel serta liver berikan dampak jelek pada system endokrin serta menyebabkan produksi abnormal dari hormon-hormon beda, termasuk juga androgen.

Diet untuk PCOS

Menarik untuk diikui kalau rupanya pasien PCOS memanglah mesti menangani keadaan badannya dengan therapy alami. Penyembuhan kimiawi juga akan efisien cuma apabila pasien juga menggerakkan beberapa gaya hidup sehat. Karna pada intinya ada kaitan PCOS dengan problem metabolisme.

Serta satu diantara yang sering jadi perhatian pasien PCOS yaitu mengkonsumsi kedelai. Beberapa sumber menyebutkan kalau kedelai berguna untuk pasien PCOS, namun sumber yang beda malah melarang pasien PCOS konsumsi kedelai.

Ketidaksamaan pendapat ini juga yang mendorong kami coba mengangkat kajian ini. Kita juga akan coba lihat apakah kedelai aman serta berguna untuk pasien PCOS?

PCOS serta Kedelai

Satu diantara komponen dalam kedelai yang cukup banyak bertindak pada kesehatan badan yaitu senyawa isoflavon. Ini seperti fitonutrient yang mempunyai beberapa faedah, satu diantaranya jadi mimik estrogen atau umum dimaksud dengan fitoestrogen pada badan.

Isoflavon mempunyai beberapa ciri-khas mirip estrogen serta bisa bekerja jadi pengganti hormon estrogen. Disebutkan kalau fitoestrogen dalam kedelai dapat memengaruhi keadaan pasien PCOS, menurut sumber Official Journal of Isfahan University of Medical Sciences th. 2011.

Diterangkan dalam jurnal kalau therapy dengan fitoestrogen menolong kembalikan regulasi rasio pada estrogen serta androgen pada badan. Juga bertindak pada perbaikan sensitivitas sel pada insulin.

Dalam periode spesifik, therapy PCOS dengan fitoestrogen yang diekstraksi dari kedelai juga akan menolong memulihkan masalah reproduksi pada wanita dengan PCOS.

Namun pandangan beda malah lihat kalau therapy kedelai bukanlah jawaban untuk PCOS, bahkan juga mungkin mengakibatkan keadaan lebih buruk. Ini karna ada peluang mengkonsumsi kedelai berkelanjutan menyebabkan dampak hipotiroidisme.

Hal semacam ini diterangkan dalam Official Journal of the American Thyroid Association th. 2006. Diprediksikan ada dampak mengkonsumsi kedelai periode panjang pada peranan kelenjar tiroid serta peranan hormon tiroid. Walau menambahkan konsumsi yodium menolong menghimpit kemungkinan pada level lebih aman.

Beberapa pakar juga lihat therapy yang tambah baik untuk PCOS bukanlah dengan menandingi androgen memakai estrogen, tetapi dengan tingkatkan produksi progesteron. Hormon ini banyak bertindak dalam peranan kesuburan serta siklus haid, akan menolong meregulasi rasio estrogen serta androgen dengan alami.

Diluar itu terdapat banyak keadaan yang butuh jadi perhatian pasien PCOS saat pilih therapy dengan kedelai. Catatan perlu yang butuh Anda ingat kembali ada tingkah laku isoflavon dalam kedelai juga akan jadi fitoestrogen pada badan.

Sesaat badan mempunyai mekanisme unik saat kandungan androgen pada badan bertambah. Diterangkan dalam MedicineNet. com, badan juga akan menghasilkan enzim aromatase saat badan alami kenaikan androgen penting.

Enzim aromatase ini bekerja mensintesis androgen atau testosteron jadi estradiol atau satu diantara formula dari estrogen. Kenaikan jumlah androgen juga akan menyebabkan enzim aromatase di produksi serta mendorong sistem perubahan beberapa hormon androgen jadi hormon estradiol atau estrogen.

Di waktu yang sama Anda malah konsumsi makanan yang kaya estrogen. Kondisi kontradiktif yang selanjutnya bukanlah menolong kembalikan keseimbangan hormonal pada badan namun mendorong penambahan kandungan estrogen pada badan pada titik tidak aman.

Hiperestrogen sendiri adalah satu diantara sumber penyebabnya beberapa masalah kanker payudara, endomtriosis, adenomyiosis, kanker ovarium serta sebagian masalah semacam beda.

Jadi, apakah kedelai tidak aman untuk dikonsumsi pengidap PCOS? Rasa-rasanya pandangan ini juga akan jadi sangat ekstrim. Karna nyatanya kemampuan dari isoflavon jadi fitoestrogen tidak lebih dari 1/1000 dari kemampuan estrogen murni. Anda butuh konsumsi begitu banyak kedelai untuk dapat alami problem hiperestrogen.

Serta nyatanya peranan kedelai pada pasien PCOS tidak semestinya cuma dinilai dari peranan isoflavon. Penelitian umumnya memanglah terlalu fokus pada bagaimana isoflavon memengaruhi masalah PCOS. Namun terdapat beberapa elemen nutrisi beda dalam kedelai yang berikan faedah untuk pasien PCOS. Sebut saja saponin, leucetin, vitamin B6 serta banyak sekali lagi.

Komponen nutrisi dari kedelai mempunyai peranan dalam melakukan perbaikan sensitivitas sel pada insulin serta tingkatkan kandungan HDL cholesterol. Dua segi yang berikan faedah dalam pengobatan masalah PCOS.

Kedelai juga bekerja menghimpit kandungan oksidan seperti BPA pada badan. Beberapa masalah PCOS diketemukan mempunyai kandungan Bisphenol – A dalam kandungan tinggi. Ini yaitu semacam senyawa kimia non organik yang umum diketemukan pada product plastik, umumnya masuk ke pada badan karna makan dengan wadah plastik kwalitas rendah.

Penelitian pada Harvard School of Public Health th. 2016 menunjukkan kalau pemberian konsumsi kedelai berikan faedah efisien turunkan kandungan BPA serta beberapa unsur racun beda dari pada badan. Ini berikan imbas segera dengan positif pada kesehatan reproduksi.

BPA sendiri menurut penelitian berkaitan mempunyai korelasi kuat dengan infertilitas pada wanita. Sesaat sekarang ini temuan tingginya kandungan BPA pada wanita relatif makin tinggi.

Rangkuman Faedah Kedelai untuk PCOS

Nampaknya memanglah kenyataan sekitar sebagus apa kedelai untuk dikonsumsi oleh pasien PCOS tetap dalam zone abu-abu. Susah untuk meyakinkan apakah kedelai seutuhnya aman, mengingat ada beberapa kenyataan yang butuh jadi perhatian.

Namun umumnya pakar setuju, dalam kandungan moderat atau tidak terlalu berlebih kedelai mempunyai faedah untuk pasien PCOS. Kandungan moderat yang dianjurkan untuk kedelai pada umumnya untuk pasien PCOS yaitu maksimum 3 – 4 jumlah dalam satu pekan atau sekitaran 9 gr rata-rata mengkonsumsi harian. Ini sama juga dengan kandungan isoflavon harian sekitaran 36 miligram.

Untuk memperoleh hasil lebih aman serta maksimal, pilihan kedelai fermentasi seperti tempe, natto serta miso. Sistem fermentasi menolong kedelai mempunyai komponen nutrisi tambah baik namun lebih sehat serta aman untuk badan.

Kedelai yang sudah difermentasi mempunyai komponen asam amino yang lebih lengkap dan lebih gampang diolah. Ini berikan faedah ganda untuk badan, terlebih dengan terdapatnya komponen serat yang lebih tinggi.

Diluar itu sistem fermentasi pada kedelai ini berikan input kandungan zink yang cukup besar dari ragi. Ragi serta jamur menolong tingkatkan kandungan zink. Sesaat ada peranan besar zink dalam meregulasi keseimbangan hormonal pada pasien PCOS.

Namun konsumsi kedelai yang sudah dibuat jadi minyak kedelai, keju kedelai, susu kedelai serta tahu susu bukanlah type yang dianjurkan karna tingginya kandungan asam phytic pada makanan itu. Disangka kandungan asam phytic yang sangat tinggi kurang baik untuk pasien PCOS.

Pada intinya menyeimbangi androgen terlalu berlebih pada masalah PCOS dengan fitoestrogen dalam kedelai bukanlah ketentuan yang jelek. Namun kerjakan dalam dosis yang pas serta tidak terlalu berlebih.

Mengkonsumsi kedelai dalam kandungan moderat sekalipun tidak berikan dampak jelek pada pasien PCOS. Serta tentukan hidangan kedelai dengan pas. Malah ini juga akan menolong pasien untuk kembalikan keadaan normal pada badan mereka.


Leave a Reply