CARA MERAWAT TANAMAN BONSAI

CARA MERAWAT TANAMAN BONSAI

    Tanaman bonsai merupakan seni tanaman yang berasal dari Jepang. Tanaman bonsai merupakan tanaman yang sengaja dibuat kerdil untuk menambah keunikan dari tanaman bonsai ini. perlu perawatan yang intensif untuk menjaga bonsai yang ada di rumah kita tetap terjaga dan sehat.

Penyiraman yang Rutin

    Lakukanlah penyiraman secara rutin setiap hari. Akan tetapi jagalah media tanam tidak terlalu basah maupun terlalu kering. Jika pot terlalu basah akan mengakibatkan akar dari bonsai akan cepat busuk. Jika pot terlalu kering akan menjadi rusak maupun layu. Pastikan juga air yang ada di dalam pot bisa keluar melalui celah-celah dari pot yang ada. Hal ini dilakukan agar sirkulasi air dalam pot bisa terjaga.

Pemberian Pupuk

    Berikan pupuk organik dengan campuran bahan-bahan organik seperti kotoran ayam maupun kambing. Selain itu juga anda bisa memberikannya dengan pupuk yang mengandung unsur hara seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Berikan tanaman bonsai pupuk sesuai dosis dan secara rutin.

Pembasmian Hama dan Penyakit

    Hama dan gulma merupakan salah satu makhluk hidup pengganggu tanaman yang sedang kita rawat termasuk tanaman bonsai. Untuk itu jangan lupa untuk mengecek secara rutin di sekitar tanaman bonsai ada tidaknya hama dan gulma. Hal ini bisa menyebabkan nutrisi yang seharusnya diperoleh tanaman bonsai akan diambil oleh hama dan gulma.

    Selain itu juga rawatlah tanaman dari berbagai penyakit yang menyerang. Anda bisa melakukannya dengan cara menyemprotkan pestisida ke tanaman bonsai sesuai dengan dosis yang dianjurkan berdasarkan umur dan ukuran bonsai.

Penggantian Pot

    Penggantian pot pada tanaman bonsai ini dilakukan ketika pot yang ditanamani bonsai sudah tidak muat ataupun akar dari bonsai keluar dari celah-celah pot. Maka segeralah untuk mengganti pot agar pertumbuhan bonsai tidak terhambat dan akarnya bisa tumbuh dengan baik.

Pemangkasan Tanaman

    Pemangkasan bonsai perlu dilakukan secara rutin agar tetap mendapatkan bonsai dengan bentuk yang kita inginkan. karena bonsai juga akan mengalami pertumbuhan dan perubahan bentuk terutama bentuk dahan daunnya.

Jagalah dari Terik Sinar Matahari

    Tanaman juga memerlukan sinar matahari untuk tumbuh. Akan tetapi, untuk perawatan tanaman bonsai sendiri jangan diletakkan di bawah sinar matahari secara langsung. Letakkan pada teras maupun tempat yang teduh dan tetap terkena sinar matahari walaupun sedikit.


Leave a Reply