Do’s & Don’ts Imunisasi, Apa Saja?

Mam, imunisasi adalah fase penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Dengan melengkapi imunisasi dan dilakukan tepat waktu, tubuhnya akan makin siap menangkal serangan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Imunisasi pada dasarnya adalah cara untuk memberi sistem kekebalan tubuh yang efektif menangkis penyakit yang kini makin beragam jenisnya. Sejumlah kecil virus dan bakteri yang lemah atau tidak aktif (dikenal sebagai antigen) dalam vaksin akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk menciptakan antibodi yang melawannya. Antibodi ini siap menyerang jika tubuh terkena virus atau bakteri penyebab penyakit tersebut. 

imunisasi
imunisasi

Imunisasi merupakan hal yang penting dalam fase tumbuh kembang si Kecil dan perlu persiapan khusus saat melakukannya. Dengan mempersiapkan si Kecil untuk mendapatkan imunisasinya, manfaat yang didapatkan akan lebih maksimal. Berikut ini hal yang perlu Mam lakukan dan yang tidak boleh dilakukan saat akan memberi imunisasi pada si Kecil:

 

DON’Ts :

  • Melakukan imunisasi saat si kecil sedang sakit atau dalam kondisi kurang fit. Saat tubuh sedang tidak dalam kondisi terbaiknya, imunisasi menjadi kurang maksimal dan membuat si Kecil merasa tidak nyaman.
  • Memberi penurun demam sebelum vaksinasi. Obat penurun panas hendaknya hanya diberikan untuk menghilangkan rasa sakit atau mengurangi demam ringan. 
  • Mengabaikan jadwal imunisasi. Ketepatan waktu dalam melakukan imunisasi untuk si Kecil akan memberikan hasil yang optimal dan memastikan imunisasi yang diterima bekerja sesuai dengan kebutuhan dan kapasitasnya.

 

DO’s : 

  • Usahakan memberikan imunisasi tepat waktu dan sesuai usianya. 
  • Pastikan si Kecil tidak memiliki alergi. Cek tentang alerginya dengan dokter anak untuk mengetahui apa saja alergi dan pantangan si Kecil.
  • Konsultasikan kepada petugas kesehatan atau dokter, imunisasi apa yang akan diberikan, apa saja yang mungkin terjadi setelah pemberian imunisasi (misalnya demam), dan bagaimana mengatasinya. 

Memastikan si Kecil mendapatkan yang terbaik untuk tumbuh kembangnya adalah hal yang penting  loh, Mam. Untuk itu, kita harus selalu siaga dan teliti dalam memberi apa yang akan diterimanya.

Tak hanya penting, namun ternyata imunisasi juga wajib diberikan untuk memastikan kesehatan anak. Imunisasi adalah salah satu cara untuk menangkal datangnya penyakit tertentu pada bayi dan anak. Sederet penyakit seperti Polio, Difteri, Campak, Hepatitis, hingga TBC bisa dicegah dengan pemberian imunisasi berkala. Nah, Mam, agar tak salah kaprah, berikut info yang perlu Mam ketahui. 

 

Mengenal imunisasi

Vaksinasi atau imunisasi adalah program pencegahan penyakit menular dengan cara memberikan vaksin ke dalam tubuh sehingga kebal terhadap penyakit tertentu. Vaksin berisi jenis bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dinonaktifkan untuk merangsang sistem imun dan membentuk antibodi yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus tersebut di masa yang akan datang. Metode pemberian vaksin beragam, ada yang disuntikkan atau diteteskan ke dalam mulut.  

 

Apa saja manfaatnya?

Dalam tugasnya mencegah terjangkitnya berbagai penyakit berbahaya, imunisasi juga memberi banyak manfaat untuk tumbuh-kembang bayi dan anak. 

  • Tindakan pencegahan yang ampuh

Imunisasi sudah terbukti mampu mengurangi angka kematian bayi dan anak akibat penyakit yang berbahaya seperti kasus penyakit polio yang terjadi di AS. Sejak dicanangkan imunisasi polio, sudah jauh berkurang kasus bayi dan anak yang diserang penyakit penyebab kelumpuhan yang mematikan ini.   

 

  • Perlindungan yang aman dan efektif

Vaksin yang digunakan untuk imunisasi tidaklah sembarangan karena  telah melalui berbagai proses pengujian dan penelitian bertahun-tahun yang melibatkan ilmuwan, dokter, dan tenaga medis profesional. Beberapa vaksinasi menimbulkan efek samping tidak nyaman seperti rasa nyeri dan merah atau bengkak pada bekas suntikan, namun biasanya hanya berlangsung sebentar dan tidak membahayakan. Jadi Mam tidak perlu khawatir. 

 

  • Menghemat waktu, tenaga, dan biaya

Mungkin beberapa imunisasi tertentu dirasa sangat mahal, namun tak sebanding jika terserang penyakit akibat lalai imunisasi. Mam bisa bayangkan, jika si Kecil sakit pasti akan menguras waktu, tenaga, pikiran, uang, dan yang paling penting merampas kesempatan ia untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. 

 

  • Membantu melindungi bayi dan anak-anak yang kurang beruntung

Dengan diberi imunisasi, maka si Kecil berpotensi mengurangi terjadinya penularan penyakit terhadap bayi atau anak-anak lain yang karena kondisinya tidak bisa di-imunisasi. Misalnya mengidap alergi atau tengah menjalani pengobatan sehingga rentan terjangkit penyakit.  

 

Pastikan si Kecil mendapat imunisasinya secara lengkap dan di saat yang tepat untuk menjaga kesehatannya.