Emboli

Emboli

Emboli yaitu kendala pada aliran pembuluh darah. Kendala yang disebut disini dapat berbentuk gelembung udara atau darah yang menggumpal. Emboli yang keluar pada badan manusia bisa mengganggu organ badan karna kekurangan oksigen vitamin anak osb

Organ-organ vital badan manusia, seperti otak, jantung serta paru-paru, tidak dapat berperan dengan baik saat supply oksigen terhalang. Pada otak, emboli mengakibatkan stroke. Sedang pada paru-paru, emboli mengakibatkan embolisme paru. Tidak cuma peranan organ saja yang terganggu, tetapi sangat lama kekurangan oksigen dapat buat jaringan organ itu rusak dengan permanen.

  • Tanda Emboli

Di bawah ini yaitu gejala-gejala yang bisa berlangsung karena emboli pada paru-paru :

Sesak napas

Sakit pada dada yang lebih kronis saat bernapas serta batuk

Batuk-batuk, dapat keluarkan darah

Berkeringat berlebihan

Pusing

Detak jantung yang cepat

Bila emboli menghalangi aliran darah ke otak, jadi juga akan berlangsung beberapa gejala stroke.

Emboli punya potensi menghalangi aliran darah ke satu organ secara detail serta ini punya potensi menyebabkan fatal. Selekasnya ke rumah sakit paling dekat bila Anda alami tanda stroke atau embolisme paru.

  • Penyebabnya Timbulnya Emboli

Emboli, atau kendala pada supply darah ke jaringan serta organ badan, dapat berbentuk beberapa hal, diantaranya :

Lemak. Tulang yang alami keretakan dapat menyebabkan terlepasnya partikel lemak didalam tulang kedalam aliran darah. Diluar itu, lemak dapat juga masuk ke aliran darah bila berlangsung komplikasi sesudah melakukan operasi tulang atau karna berlangsung luka bakar yang cukup kronis.

Gumpalan darah. Untuk menghindar terjadinya pendarahan terlalu berlebih waktu berlangsung luka, darah juga akan menggumpalkan dengan alami. Tapi sebagian keadaan, seperti penyakit jantung, kegemukan atau obesitas, kanker, serta kehamilan dapat mengakibatkan darah menggumpal lebih gampang walau tidak berlangsung luka. Satu diantara penyebabnya paling utama emboli paru yaitu terjadinya penggumpalan darah pada pembuluh vena dalam kaki yang lalu lepas serta menuju ke paru-paru.

Air ketuban. Ini yaitu cairan yang melingkari serta membuat perlindungan bayi didalam rahim. Walau keadaan ini begitu langka, cairan amniotik dapat masuk ke pembuluh darah sang ibu waktu sistem melahirkan serta mengakibatkan penyumbatan.

Cholesterol. Aterosklerosis yaitu penyempitan pembuluh arteri yang dikarenakan oleh penumpukan cholesterol. Jika keadaan yang berlangsung cukup kronis, beberapa kecil cholesterol dapat lepas serta mengakibatkan terjadinya emboli atau kendala pada aliran darah.

Udara. Gelembung udara atau gas dapat juga masuk aliran darah. Keadaan ini adalah penyebabnya kematian paling utama diantara beberapa penyelam. Seseorang penyelam yang naik ke permukaan secara cepat juga akan alami perubahan desakan mencolok. Ini dapat mengakibatkan timbulnya gelembung nitrogen didalam aliran darah. Keadaan berikut yang mengakibatkan timbulnya penyakit dekompresi.

Terkecuali sebagian penyebabnya diatas, ada juga sebagian keadaan yang dapat tingkatkan resiko seorang alami emboli, yakni :

Tengah hamil.

Alami kegemukan atau obesitas.

Merokok.

Menanggung derita penyakit jantung.

Berumur diatas 60 th..

Tidak bergerak atau aktif dalam periode waktu lama.

Penyembuhan Keadaan Emboli

Penyembuhan yang dikerjakan pada keadaan emboli begitu tergantung pada penyebabnya timbulnya penyumbatan, ukuran penyumbatan yang keluar, serta tempat penyumbatan itu.

Obat-obatan dapat diberi untuk melarutkan penggumpalan darah yang keluar. Penyembuhan ini di kenal dengan nama trombolisis dengan menggunakan obat-obatan antikoagulan. Obat yang umumnya dipakai yaitu warfarin, heparin, serta aspirin dosis rendah. Obat-obat ini dapat menghindar menambahnya darah yang menggumpal serta buat darah jadi tidaklah terlalu kental.

 

Embolektomi yaitu prosedur operasi yang dapat dikerjakan untuk menyingkirkan sumbatan yang terjadi. Pembuluh darah yang alami penyumbatan juga akan dibedah serta sumbatan yang ada juga akan disedot.

Terutama pada masalah emboli yang berlangsung karna gelembung udara, pasien juga akan dimasukkan kedalam ruang hiperbarik. Desakan udara didalam ruang hiperbarik lebih tinggi dari desakan udara diluar ruang. Dengan langkah tersebut, ukuran gelembung udara didalam badan seseorang penyelam juga akan menyusut.

Menghindar Emboli

Di bawah ini cara-cara yang dapat dikerjakan untuk kurangi resiko terjadinya emboli.

Turunkan berat tubuh. Bila alami berat tubuh berlebihan, kerjakan berolahraga dengan teratur serta kerjakan diet rendah kalori untuk menjangkau berat tubuh yang sehat.

Berhenti merokok.

Alur makan sehat. Mulai lakukan konsumsi makanan yang kaya serat, rendah lemak, serta rendah garam.

Olahraga. Kerjakan berolahraga paling tidak dua 1/2 jam dalam satu minggu supaya badan tetaplah aktif serta aliran darah lancar.


Leave a Reply