Ide Kopi yang Lezat

Saat ini sudah menjamur kedai kopi di setiap sudut kota dengan sajian berbeda. Racikan kopi yang dibuat sendiri ataupun tidak, bisa kamu temukan dengan mudah. Harganya pun sangat beragam mulai yang murah hingga mahal disesuaikan dengan cara membuat kopi tersebut ataupun bagaimana cara meracik kopi nya itu sendiri.  Artikel berikut ini dipersembahkan oleh tajusa-drumband.com tempat jual alat marching band yogyakarta yang berkualitas dan harganya bersahabat tentunya.

Hasil gambar untuk ide kopi yang lezat

Namun sebelumnya, untuk kamu yang menggemari kopi sebaiknya perhatikan terlebih dahulu faktor-faktor untuk mendapatkan kopi yang nikmat, yaitu:

1. Faktor Air

Mungkin kamu berpikir air adalah hal yang sepele, tapi ingat hal ini juga sangat penting. Agar biji kopi yang berkualitas memberikan hasil yang maksimal, ada baiknya kandungan mineral di dalam kopi yang akan dibuat harus benar-benar bersih dan baik, dengan demikian kopi yang dihasilkan akan nikmat karena pada dasarnya ada pada air.

2. Hindari air rebusan ulang

Jangan sampai menyeduh kopi menggunakan air rebusan ulang karena akan sangat mempengaruhi hasilnya. Usahakan air tersebut dalam keadaan mendidih dan bukan hasil rebus ulang, karena kadar oksigen yang ada di dalam air rebusan ulang akan berubah. Dengan begitu rasa kopi yang kamu buat pun akan berubah.

3. Perhatikan saat menyeduh kopi 

Ketika kamu merasakan kopi yang dihasilkan terlalu pahit atau sebaliknya, bisa jadi karena kurang beraroma atau salah dalam penyimpanan. Musuh terbesar kopi adalah udara dan kelembaban. Jadi sebelum di giling sebaiknya perhatikan proses penyimpanan jangan sampai disimpan di tempat yang lembab atau udara luar.

Jika kamu salah satu penggemar kopi, ada berbagai cara membuat kopi agar terasa lebih nikmat dan enak. Sebelumnya, ada beberapa cara yang harus kamu lakukan sebelum membuat kopi menjadi nikmat yaitu:

  1. Perhatikan kualitas air
  2. Perhatikan kualita biji kopi
  3. Tentukan proporsi untuk menentukan kadar kepekatan kopi, dll.

Yang lebih seru adalah, selain kamu bisa temukan berbagai sajian berbeda di kedai-kedai kopi, kamu juga bisa beli alat-alat pembuat kopi dengan cara manual dan membuatnya sendiri. Gimana gak seru, kamu yang belum punya keahlian dalam meng-custom sajian kopi bisa belajar sendiri atau minta diajarkan orang yang sudah profesional.

Dengan begitu, bukan hanya untuk konsumsi sendiri, jika ditekuni kamu juga bisa membuka usaha kedai kopi dengan tampilan berbeda, unik dan menarik. Kamu juga bisa tahu cara membuat kopi susu yang enak, cara membuat kopi bubuk tradisional dan dihidangkan menjadi secangkir kopi yang enak.

Berikut ini adalah cara membuat kopi yang bisa kamu ikuti agar hasilnya terasa lebih nikmat

1. French Press

Cara Membuat Kopi - French Press
Cara Membuat Kopi – French Press

Cara yang pertama ini sering kamu jumpai di kedai-kedai kopi. French Press ini mampu mengekstrak banyak cita rasa yang ada didalam kopi bubuk. Selain itu kamu juga bisa membeli alat French Press dengan harga terjangkau.

Terbilang cukul simple, kamu bisa masukkan kopi bubuk secukupnya ke dalam alat French Press, kemudian tuangkan air yang mendidih dan sebelumnya telah didiamkan selama kurang lebih 1 menit.

Pastikan dalam menuangkan air mendidih tersebut posisinya agak tinggi dari French Press karena hal ini bisa menghasilkan gelembung air yang membuat aroma kopi menjadi lebih nikmat. Kemudian aduk rata dan semakin lama diaduk rasa kopi akan lebih menyatu. Langkah terakhir, tekan kopi dengan tutup French Press secara perlahan dan tuangkan racikan tersebut ke dalam cangkir.

2. Turkish Coffee

Cara Membuat Kopi - Turkish Coffee
Cara Membuat Kopi – Turkish Coffee

Cara Membuat Kopi ke dua yaitu menggunakan Metode Arab, Turkish Coffee. Dengan cara ini, kamu bisa menghasilkan kopi dengan rasa yang sangat pekat dan cocok bagi para penggemar kopi dengan rasa yang kuat.

Caranya, silahkan giling kopi secara manual menggunakan lesung atau alu atau bahkan mesin menggiling kopi. Kemudian simpan bubuk kopi di sebuah bejana dengan gula dan air dan aduk hingga 3 kali, kopi siap disajikan. Apalagi dengan tambahan cemilan di pagi hari atau setelah pulang kerja melepas lelah, rasa kopi akan semakin nikmat.

3. Filter Method

Cara Membuat Kopi - Filter Method
Cara Membuat Kopi – Filter Method

Selanjutnya adalah menggunakan cara Filter Method yang terbilang efisien dan sederhana dan membuat kopi semakin populer. Jika cara yang sebelumnya sudah pernah kamu lakukan atau kurang cocok di lidah, kamu bisa coba cara ini.

Cara membuatnya, letakkan kopi bubuk pada kertas saring yang ada di atas bejana kopi, kemudian tuang air panas di atasnya dan seduh dengan memanaskan bejana tersebut.

4. Espresso

Cara Membuat Kopi - Espresso
Cara Membuat Kopi – Espresso

Pasti sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini kan? Salah satu mesin canggih untuk membuat kopi adalah Espresso karena hampir semua dijalankan secara otomatis termasuk pengaturan suhu.

Cara membuat kopi menggunakan mesin ini bisa dibilang agak rumit, khususnya buat kamu yang pertama kali menggunakannya.

  1. Haluskan biji kopi menggunakan mesin Espresso, atur kehalusan sesuai selera
  2. Simpan biji kopi yang sudah halus ke Porta Filter dan pastikan sudah dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu
  3. Perhatikan permukaan kopi dan pastikan sudah halus dan rata pada Porta Filter
  4. Lakukan ekstraksi Espresso dengan memanfaatkan variable Preeseru yang diinginkan.

Itulah beberapa cara membuat kopi yang bisa kamu ikuti sekarang. Cara ini hanya menggunakan mesin, dan masih banyak referensi lain yang bisa kamu temukan melalui internet. Silahkan dicoba perlahan-lahan khususnya untuk kamu yang masih newbie, semoga berhasil.

Jika sudah mahir tidak ada salahnya untuk dijadikan bisnis supaya bisa menghasilkan dan kamu tidak perlu terjun langsung. Manfaatkan orang-orang di sekelilingmu khususnya yang sudah pernah bergelut dengan kopi. Setidaknya, kamu sebagai owner sudah mahir dan mengetahui kualitas kopi yang terbaik seperti apa.

Cari mengetahui cara membuat kopi inilah, kamu bisa mengekslpore lebih jauh dan tidak ada salahnya kembali belajar dan melakukan riset ke berbagai sumber bahkan negara-negara asing.


Leave a Reply