inilah 5 cara memelihara ikan koi untuk pemula yang mudah

inilah 5 cara memelihara ikan koi untuk pemula yang mudah

Nah, bagi Anda yang masih termasuk pemula dalam memelihara ikan hias koi, maka yang Anda harus lakukan adalah membaca informasi seputar 5 cara memelihara ikan koi untuk pemula yang mudah. Dengan informasi ini, Anda akan semakin bertambah ilmu dalam perawatan ikan sehingga bisa mendapatkan hasil ikan yang terbaik. Inilah 5 cara memelihara ikan koi untuk pemula yang mudah di jual ikan koi.

  1. Persiapkan kolam ikan koi

Jika Anda ingin memelihara ikan koi, berapa pun jumlahnya Anda wajib menyiapkan kolam. Besarnya kolam bisa disesuaikan dengan berapa banyak ikan koi yang akan Anda pelihara. Jika Anda membuat kolam sendiri dari semen, usahakan kolam sudah benar-benar kering dan tidak memiliki bau semen yang menyengat. Biasanya, untuk mengurangi bau semen, para breder menempatkan pelepah pisang pada kolam dalam beberapa waktu sampai semen benar-benar kering.

  1. Perhatikan jumlah ikan koi di dalam kolam

Besar kolam ikan harus disesuaikan dengan jumlah ikan koi yang akan Anda pelihara dalam kolam tersebut. Jika anda membuat kolam yang kecil, maka usahakan hanya sedikit saja ikan koi yang dipelihara. Karena ikan koi akan semakin besar saat sudah dewasa. Dan juga, dengan keseimbangan antara luas dan jumlah ikan tidak akan membatasi ruang gerak ikan, sehingga ikan bisa terus bergerak dan bertumbuh dengan normal.

  1. Beri makan ikan koi secara teratur

Pakan ikan hias koi yang bagus adalah yang diimpor langsung dari Jepang dengan harga sekitar 150 ribuan. Sedangkan untuk kadar pemberian makan kepada ikan koi bisa dilakukan 2 kali dalam sehari secara teratur. Beberapa type makanan lain yang bisa diberikan pada ikan koi adalah sayur-sayuran, cacing, semangka, dan makanan alami lainnya.

  1. Jaga kualitas dan kejernihan air

Untuk air dalam kolam maupun aquarium wajib diganti sejumlah maksimal 10% dari keseluruhan air selama satu kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk menjaga kejernihan dan keseimbangan pH air dalam kolam. Satu hal lagi, jangan sekali kali menguras air dalam kolam secara keseluruhan. Hal ini bisa menyebabkan stress pada ikan koi.

  1. Karantina dahulu ikan koi yang akan ditambahkan di kolam

Dalam proses karantina, ikan ditempatkan dalam bak selama beberapa hari dibawah pengawasan Anda. Jika ikan sehat dan tidak agresif, maka ikan koi baru bisa mulai ditempatkan bersama ikan yang lainnya dalam satu kolam.

Semoga informasi tentang 5 cara memelihara ikan koi untuk pemula yang mudah diatas bisa sedikit banyak membantu Anda dalam pemeliharaan ikan hias koi. Tidaklah sulit dalam memelihara ikan koi, yang penting adalah keteraturan dan selalu mengawasi ikan koi agar tidak terganggu kesehatannya. Anda bisa menyimak informasi seputar pemeliharaan ikan hias koi yang lainnya di https://minasejahtera.com/.


Leave a Reply