Jual Bibit Bakau Berbagai Ukuran

Jual Bibit Bakau Berbagai Ukuran. Tumbuhan bakau adalah suatu jenis tumbuhan yang saat ini gencar untuk di tanami di kawasan pantai yang sangat berfungsi untuk mencegah terjadinya bencana seperti tsunami. Berikut adalah beebrapa fakta tentang tumbuhan bakau.

Jual Bibit Bakau Berbagai Ukuran

  1. Bakau tumbuh di 124 negara

Tumbuhan bakau hidup di hampir 124 negara tropik dan subtropik dengan luasan di dunia sekitar 15,2 juta hektare. Indonesia bersama empat negara lainnya (Australia, Brasil, Nigeria, dan Mexico) mewakili 48% dari luasan hutan bakau dunia. Luasan bakau di Brasil diperkirakan 1,3 juta ha, Nigeria (1,1 juta ha), dan Australia (0,97 juta ha).

2. Indonesia pemilik 35 persen luasan bakau dunia

Tumbuhan Bakau pada suatu Konferensi Internasional Ekosistem Bakau di akui sebagai tanaman yang penting di tanamai di wilayah area pantai atau dekat dengan laut,konfersi itu di laksanakan di di Bali, 18 April 2015, di dalam sambutannya menuturkan, berdasarkan data yang ada di Amerika, menyatakan jika luas ekosistem bakau di Indonesia hampir 4,5 juta hektare yang terdiri dari 2,2 juta ha di dalam kawasan dan 1,3 juta ha di luar kawasan hutan bakau. Ekosistem bakau tersebut berada di 259 kabupaten/kota yang sebagian besar ekosistemnya telah mengalami kerusakan.

Kerusakan tersebut disebabkan konversi lahan menjadi area penggunaan lain, perambahan, hama dan penyakit, pencemaran dan perluasan tambak, serta praktik budidaya yang tidak berkelanjutan

3. Indonesia kaya jenis bakau

Indonesia memiliki sekitar 202 jenis tumbuhanbakau, meliputi 89 jenis pohon, 44 jenis herba tanah, 44 jenis epifit, 19 jenis pemanjat, 5 jenis palma, dan 1 jenis paku.

Dari 202 jenis tersebut, 43 jenis (diantaranya 33 jenis pohon dan beberapa jenis perdu) ditemukan sebagai bakau sejati. Sementara jenis lain, ditemukan di sekitar bakau dan dikenal sebagai jenis bakau ikutan (associate asociate).

Di seluruh dunia, berdasarkan penelitian Saenger, dkk (1983) ada sebanyak 60 jenis tumbuhan bakau sejati. Dengan keterangan itu, menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keragaman jenis bakau yang tinggi.


Leave a Reply