Kolam Pemeliharaan Anakan Koi / Pendederan

Kolam Pemeliharaan anakan koi / Pendederan

 

Kolam ini fungsinya untuk pelihara ikan koi kecil sampai berusia 3 bulan atau umumnya sampai anakan ikan koi panjangnya 15 cm.

Untuk bikin kolam pemeliharaan dapat sesuai dengan keadaan tempat, namun baiknya untuk menyimpan anakan ikan koi 250 sampai 300 ekor diperlukan kolam dengan ukuran 3×4 serta kedalaman kolam 40 cm

Penentuan Induk Untuk Budidaya Ikan Koi Step ke-2 dalam budidaya ikan koi ialah penentuan induk, coba lihat serta baca langkah untuk langkah, kerena sukses dalam budidaya ikan koi akan berasa bertambah cepat.

Untuk memperoleh hasil yang bagus bukan bermakna induk mesti yang begitu bagus, sebab umumnya keturunan tidaklah terlalu bagus.

Pilih indukan koi yang biasa, yang penting indukan masih tetap mempunyai karakter – karakter unggul, seperti warna ikan koi yang pekat. Jika seleksi benih kelak dapat pilih manakah yang terunggul.

ciri – ciri ikan koi yang siap untuk jadi induk :

 

– Sehat ( tidak cacat, fisiknya sempurna serta sisik dan siripnya komplet )

 

– Jantan minimum telah berusia 2 tahun serta betina 3 tahun

 

– Pergerakan berenangnya anggun serta seimbang

 

– Baik induk jantan ataupun betina sudah masak gonad

 

Step Pemijahan

Step pemijahan ialah proses yang begitu memastikan sukses tidaknya untuk membudidayakan ikan koi,

Untuk meminimalkan kegagalan dalam proses pemijahan, pejantan mesti lebih dari satu. Siapkan indukan jantan 3 atau bahkan juga 5 ekor.

Sesudah semua siap, input induk betina ke kolam pemijahan terlebih dulu seputar jam 4 sore, biarlah menyesuaikan dahulu dengan kolam pemijahan.

Sesudah 3 – 5 jam, input induk jantan, pemijahan akan berjalan pada larut malam.

Betina akan berenang melingkari kolam serta jantan ikuti di belakang serta kadang-kadang tempelkan badanya pada betina, pada puncaknya betina keluarkan telur dibarengi pejantan keluarkan sperma.

Telur yang sudah dibuahi menepel pada kakaban atau tanaman air.

Serta perkawinan tuntas saat pagi hari.

Selekasnya mungkin pisahkan induk dari kolam pemijahan supaya telur- telur selamat, kerena dapat – dapat telur dikonsumsi sang induk jika tidak dipisahkan.

Step Penetasan Larva

Untuk proses penetasan larva ini di perlukan kecermatan yang tepat pada suhu air, sebab bila suhu air sangat dingin larva akan menghabiskan waktu lama untuk menetas, serta telur akan membusuk bila suhu air sangat panas.

Baiknya untuk menetaskan telur – telur yang sudah terbuahi , suhu air seputar 27-30 derajat celcius.

Dan untuk bikin telur menetas dengan baik kakaban mesti terendam air,

Telur akan menetas kira-kira saat 48 jam, janganlah langsung memeberi pakan pada step ini, sebab larva yang baru menetas masih tetap memeliki cadanagan makanan yang dapat untuk bertahan 3 – 5 hari.

Sesudah 5 hari / persediaan makanan habis, beri pakan hidup seperti kutu air yang sudah di saring.

Referensi pakan hidup ini, semakin lebih baik daripada memeberi pakan dengan kuning telur yang di rebus. Sebab air semakin lebih terbangun kebersihanya dan pakan hidup yang lebih diperlukan burayak ikan koi.

Pemberian kutu air ini, dapat di ubah dengan cacing sutera saat burayak ikan koi panjangnya telah 1,5 cm.

Sedang pemberian cacing sutra tidak dikasihkan kembali saat burayak telah berusia 3 minggu.


Leave a Reply