Kondrosarkoma

Kondrosarkoma

Kanker tulang riskan atau kondrosarkoma adalah satu diantara type kanker tulang yang berkembang didalam tulang riskan. Umumnya kanker ini mengincar sisi tulang paha, lengan, panggul, serta lutut. Type kanker yang satu ini dapat berlangsung pada siapa juga, namun semakin banyak menyerang orang yang berumur diatas 40 th kanza manjakani

Dari beragam type kanker tulang yang ada, sejumlah 30 % salah satunya adalah kondrosarkoma. Pada seorang dewasa, tanda yang diakibatkan kadang-kadang buat penyakit ini disalahartikan jadi radang sendi. Sedang pada anak-anak, tanda yang dirasa umumnya disalahartikan jadi efek dari perkembangan tulang.

Kanker tulang riskan atau kondrosarkoma bisa menyebabkan beberapa komplikasi. Pada step lanjut, komplikasi yang berlangsung dapat berbentuk metastase kanker yang bisa menyebabkan masalah pada organ beda.

Diagnosis

Diagnosis untuk memastikan kanker tulang riskan atau kondrosarkoma bisa dikerjakan lewat rangkaian wawancara. Dokter juga akan bertanya beberapa gejala yang Anda rasakan. Diluar itu, terdapat banyak kontrol penunjang yang juga akan dikerjakan dokter, yakni :

Tes darah. Lewat tes ini, dokter bisa singkirkan ada peluang penyakit beda dengan tanda yang mungkin serupa dengan kondrosarkoma.

Biopsi. Kontrol ini dikerjakan dengan pengambilan beberapa jaringan serta di check di laboratorium. Lewat kontrol ini dapat juga di pastikan tingkat keparahan kanker.

Sinar-X. Lewat kontrol ini, dokter bisa meyakinkan rusaknya atau perkembangan tulang yg tidak lumrah.

CT scan. Kontrol ini dikerjakan dengan maksud untuk lihat ada penebaran kondrosarkoma ke sisi beda.

MRI. Deskripsi tulang yang terinci dari kontrol ini bisa menolong dokter memastikan tingkat keparahan kondrosarkoma.

Tanda

Tanda kanker tulang riskan atau kondrosarkoma bisa tidak sama pada tiap-tiap orang. Tetapi, biasanya tanda yang diakibatkan adalah :

Ada tonjolan atau pembengkakan di ruang yang terserang kanker. Umumnya bengkak berwarna kemerahan.

Nyeri di ruang yang terserang kanker. Rasa nyeri juga akan lebih buruk saat malam hari.

Gampang berkeringat, terutama saat malam hari.

Terjadinya penurunan berat tubuh yang cukup mencolok.

Gampang terasa capek.

Tulang jadi lebih lemah hingga rawan pada patah tulang atau perdarahan.

Penyembuhan

Penyembuhan kanker tulang riskan atau kondrosarkoma dikerjakan berdasar pada umur, kisah penyakit, serta tingkat keparahan kanker. Walau sekian, perlakuan biasanya mencakup :

Operasi pengangkatan tonjolan. Aksi ini dikerjakan bila kanker belum juga menebar. Tonjolan atau sisi tulang riskan yang terserang kanker juga akan diangkat.

Radioterapi. Prosedur ini dikerjakan dengan memakai pancaran radiasi yang didapatkan dalam dosis tinggi. Maksudnya adalah untuk perlambat perkembangan beberapa sel kanker.

Kemoterapi. Meskipun bukanlah penyembuhan paling utama, therapy ini banyak dikerjakan pada masalah kondrosarkoma yang telah menebar ke sisi beda. Therapy ini umumnya berikan resikonya seperti rambut rontok, diare, mual serta muntah, serta kelelahan.

Penyebab

Sampai sekarang ini, penyebabnya kanker tulang riskan atau kondrosarkoma belum juga di ketahui dengan tentu. Tetapi, terdapat banyak keadaan yang disangka jadi aspek resiko yang bisa menyebabkan terjadinya beberapa sel kanker :

Aspek genetik. Mempunyai keluarga yang menanggung derita kanker tulang.

Perubahan atau mutasi DNA. Hal semacam ini bisa mengakibatkan perkembangan beberapa sel kanker yang diluar kendali.

Paparan radiasi tinggi karena satu penyembuhan. Kondrosarkoma disebut-sebut jadi satu diantara dampak periode panjang dari radiasi pada kanker.


Leave a Reply