Manfaat Pohon Ketapang Kencana Pohon Penyejuk

Manfaat Pohon Ketapang Kencana Pohon Penyejuk

Tahukah Anda bahwa tanaman ketapang kencana merupakan salah satu tanaman penghijauan?

Tanaman ketapang kencana atau tanaman dengan nama ilmiah Terminalia mantaly ini merupakan salah satu jenis tanaman penghijauan. Tanaman ini mendapat banyak perhatian dari masyarakat karena dapat memberikan banyak manfaat bagi manusia dan lingkungan. Tanaman satu ini dikenal sebagai tanaman penyejuk, penghijau, perindang, dan penyegar.

Tanaman ketapang kencana merupakan salah satu cara untuk melakukan penghijauan di masa sekarang ini. Bagaimana tidak? Tanaman ketapang kencana ini sangat bagus digunakan sebagai tanaman hijau sekaligus ditanam sebagai tanaman hias. Di masa sekarang ini banyak orang lebih memperhatikan lingkungan tanpa menghiraukan aspek seninya. Munculnya banyak taman bermain dan taman lingkungan sangat bagus untuk melakukan penghijauan sekaligus menyadarkan masyarakat akan pentingnya penanaman tanaman hijau.

Tanaman ketapang kencana ini memiliki bentuk yang menarik. Saat sudah dewasa, tanaman ketapang kencana berbentuk seperti kerucut dan memayung. Dengan bentuk tanaman yang seperti ini tentu saja akan sangat berguna jika ditaruh di taman untuk penghijauan sekaligus menghias taman. Lingkungan di sekitar wilayah yang ditanami tanaman ketapang kencana ini pun akan nampak lebih indah dan rapi.

baca juga : Jual Pohon Ketapang Kencana

Selain bisa digunakan sebagai tanaman penghijauan dan tanaman hias, secara tidak langsung tanaman ketapang kencana ini bagus untuk penyejuk. Manfaat pohon ketapang kencana pohon penyejuk ini bisa dilihat dari bagian dedaunan yang dihasilkan oleh tanaman ini. Saat sudah dewasa, bagian atas tanaman ketapang kencana berbentuk seperti payung. Ada banyak dahan dan ranting dan bercabangan di pohon. Hal ini memberikan peran penting bagi si pohon. Dengan lebatnya bagian atas pohon akan membua lingkungan sekitar lebih sejuk.

Peran tanaman ketapang kencana sebagai penyejuk tak bisa dihindari lagi. Bagaimana tidak? Baik manusia maupun binatang yang kepanasan karena panasnya sinar matahari akan bisa berteduh di bawah tanaman ketapang kencana. Dengan begitu, mereka akan terhindar dari rasa panas yang berlebihan dari sinar matahari. Selain itu, makhluk hidup akan juga dapat berlindung dari sengatan sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari.

Peran sebagai penyejuk juga diberikan oleh tanaman ketapang kencana ketika pohon ini memproduksi banyak oksigen. Seperti yang kita tahu, udara yang kotor akan adanya polusi udara akan menyebabkan hal buruk bagi makhluk hidup, selain itu udara akan menjadi semakin panas jika tidak terfilter oleh daun-daun pada tanaman hijau. Maka itu, polusi udara akan bisa dikurangi oleh pohon ketapang kencana yang kemudian akan dirubah menjadi udara yang bersih. Udara yang bersih inilah yang akan membuat lingkungan menjadi lebih sejuk dan rindang.

Itulah dia manfaat pohon ketapang kencana sebagai pohon penyejuk. Bagi masyarakat era globalisasi di masa kini, pemanfaatan tanaman ketapang ini sangat bagus untuk penghijauan. Semoga informasi penting mengenai manfaat tanaman ketapang kencana yang berperan sebagai salah satu tanaman penghijauan ini bisa menambah pengetahuan Anda seputar manfaat pohon ketapang kencana.


Leave a Reply