Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Apa saja manfaat kunyit itu?

Banyak di lakukan sebuah penelitian yang melaporkan bahwa ada beberapa senyawa curcumin dalam kunyit atau zat yang paling efektif bekerja dibandingkan  dengan jenis senyawa lainnya. Di bawah ini adalah  manfaat kunyit yang perlu anda ketahui :

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

1. Mengatasi peradangan

Penyakit Peradangan  adalah proses yang akan terjadi bila suatu reaksi langsung terhadap infeksi atau gangguan pada sel dalam tubuh atau jaringan dalam tubuh.

Sebagian besar peradangan dalam tubuh di dapatkan oleh infeksi dalam bakteri dan radikal bebas yang memicu pelepasan senyawa jenis sitokin.

Beberapa langkah penelitian yang telah dipublikasikan dalam berbagai literasi atau sumber yang terpercaya, Senyawa curcumin yang terdapat dalam kunyit mampu menstabilkan kekebalan sel imun dan bisa menghambat produksi sitokin dan prostaglandin sehingga peradangan di dalam tubuh dapat di minimalisir alhasil rasa sakit pada tubuh kita akan sedikit berkurang.

2. Mencegah kanker

Penyakit kanker adalah penyakit yang mematikan yang berada di posisi tiga besar dalam penyebab angka kematian tertinggi di dunia. Penyakit kanker ini dapat muncul diakibatkan oleh perubahan gen yang terjadi di dalam tubuh.

Sel kanker dapat tumbuh  dengan tidak terkendali dan cepat untuk menyebar pada organ lain. Kanker dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah gaya pola hidup yang tidak sehat, terinfeksi virus atau bakteri serta adanya radikal bebas dalam tubuh. Senyawa radikal bebas ini seperti Hidrogen peroksida yang dapat memicu kerusakan berbagai jenis gen dalam sel dan dapat memicu munculnya sel kanker.

Penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam kunyit dapat mencegah pengaruh radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa senyawa curcumin dalam kunyit mampu membunuh sel kanker dan meningkatkan efektifitas obat-obatan konvensional yang digunakan dalam pengobatan kanker.

3. Mencegah dan mengurangi gejala arthritis

Arthritis adalah sejenis penyakit radang yang dapat menjangkit di sekitar pada persendian. Penyakit ini dapat menimbulkan reaksi dengan rasa sakit yang luar biasa pada persendian yang teramat menyakitkan.

Terdapat berbagai banyak macam-macam  bahan herbal alami yang dapat anda gunakan untuk meminimalisir terjangkitnya  gejala arthritis atau biasa di sebut juga radang persendian, salah satunya adalah kunyit. Senyawa jenis  curcuminoid dan minyak essensial yang terkandung di dalam kunyit yang dapat mengurangi produksi senyawa penyebab radang pada persendian secara drastis.

Sejumlah penelitian telah  menunjukkan bahwa senyawa aktif yang ada di dalam kunyit tersebut dapat bekerja secara maksimal dan apabila dikonsumsi sebelum rasa sakit muncul. Maka,jika anda sudah menderita penyakit arthritis, seketika itu juga anda dapat mengkonsumsi kunyit secara rutin tanpa harus menunggu rasa sakit pada persendian muncul kembali.

 


Leave a Reply