Mendekorasi apartemen sewaan

Mereka yang tinggal di apartemen sewaan biasanya sangat dibatasi dalam melakukan perubahan dekorasi sesuai yang diinginkan. Hal ini dapat membuat sebuah apartemen sewaan tidak seperti rumah sungguhan. Dalam banyak kasus apartemen sewaan dicat dengan warna putih cerah dan penghuninya sering merasa warna ini kurang personal, namun mereka tidak dapat mengecat ulang dinding dengan warna yang lebih menarik. Ini hanyalah salah satu contoh batasan dekorasi yang mungkin dirasakan dari individu yang menyewa apartemen kasamara residence. Mungkin saja ada batasan-batasan lainnya, dan membaca kontrak sewa dengan teliti akan membantu penyewa untuk menentukan apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak diperbolehkan.

Tinjau kontrak dengan seksama.

Penyewa yang tinggal di apartemen harus meneliti kembali dokumen kontrak sewa mereka dengan seksama sebelum mereka mulai mendekorasi kasamara apartemen mereka. Hal ini penting karena mungkin ada beberapa item dekorasi yang seperti lukisan atau pemasangan yang mungkin tidak diizinkan oleh dokumen kontrak. Menghias dengan cara apapun yang dilarang keras dapat menyebabkan penalti yang berat. Penalti ini mungkin akan berpengaruh pada penilaian biaya pada akhir masa sewa atau bahkan pengusiran.

Sebagian besar barang dekorasi standar seperti gambar gantung biasanya dapat diterima, namun bila aturannya lebih ketat dapat melarang pembatasan jenis paku yang boleh digunakan atau cara menambal lubang bekas paku. Penyewa yang memiliki pertanyaan tentang apakah dekorasi tertentu diperbolehkan atau dilarang harus menghubungi pemilik apartemen mereka sebelum melakukan tindakan. Hal ini akan membantu memastikan penyewa tidak dikenakan penalti di masa yang akan datang karena tindakan mereka.

Jika pemilik apartemen memberitahukan kepada penyewa bila dekorasi tertentu dapat diterima untuk dilakukan meski dilarang oleh perjanjian kontrak sewa, maka penyawa harus selalu meminta dokumen tertulis yang ditandatangani pemilik yang menyatakan pengecualian atas kontrak sewa tersebut. Hal ini sangat membantu karena bagaimanapun pemilik apartemen mungkin saja tidak ingat telah membuat pengecualian terhadap kontrak sewa tadi atau bisa saja telah beralih kepemilikan pada saat penyewa habis masa sewanya.

Pertimbangkan apakah tindakan modifikasi itu reversible atau tidak.

Ketika penyewa yang tinggal di apartemen memutuskan untuk melakukan dekorasi, salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan adalah modifikasi apartemen itu bisa dikembalikan seperti semula atau tidak. Dalam kebanyakan kasus tindakan modifikasi tersebut kemungkinan diperbolehkan selama mudah dikembalikan seperti semula. Namun kasus pengecatan apartemen adalah pengecualian umum terhadap peraturan ini. Meski melukis dengan mudah bisa dikembalikan seperti semula, kebanyakan apartemen tidak mengizinkan warganya untuk merusak apartemen tempat mereka tinggal dengan cara ini. Karena meski melukis seringkali reversible proses mengembalikan dinding ke warna aslinya tidak selalu mudah.

Modifikasi ireversible seperti menghilangkan dinding atau menambahkan perlengkapan permanen ke apartemen biasanya tidak diizinkan saat mendekorasi apartemen sewaan. Meskipun modifikasi besar tidak sepenuhnya irreversibel kebanyakan pemilik apartemen kasamara akan keberatan terhadap modifikasi yang bersifat permanen. Sebaliknya modifikasi kecil seperti paku untuk menggantung lukisan dianggap reversible karena mudah diperbaiki. Jika penyewa tidak yakin apakah tindakan modifikasinya diperbolehkan atau tidak mereka harus mencari klarifikasi dari pemilik apartemen.

Pertimbangkan uang jaminan.

Sebagian besar penyewa membayar uang jaminan sebelum mereka menempati apartemen tersebut. Uang jaminan ini dikumpulkan untuk melindungi apartemen dari kerusakan yang mungkin disebabkan oleh penyewa selama perjanjian sewa berlangsung. Pemilik apartemen mungkin saja perlu melakukan pembersihan ringan atau beberapa perbaikan kecil setelah penyewa mengosongkan apartemen tersebut. Namun uang jaminan yang cukup besar untuk menutupi biaya perbaikan yang lebih besar kadang-kadang diminta untuk memberi pemilik apartemen perlindungan jika penyewa merusak apartemen dan membutuhkan perbaikan yang cukup besar.


Leave a Reply