Meningkatkan Pasokan ASI Menggunakan Obat Resep

Anda telah mengambil langkah luar biasa untuk memberi bayi Anda susu terbaik. Tetapi, bersama dengan semua hal lain yang perlu dikhawatirkan untuk bayi yang baru lahir, Anda sekarang mulai khawatir tentang pasokan ASI Anda. Apakah bayi mendapat cukup ASI, bagaimana jika pasokan ASI saya mulai berkurang, apa yang dapat saya lakukan untuk cara memperbanyak asi secara alami saya, akankah saya bisa memberi bayi saya susu ketika saya kembali bekerja? Ini sepertinya pertanyaan yang menjulang di benak kita dari waktu ke waktu selama petualangan ASI dengan bayi kita.

Sepanjang sejarah ibu menghadapi masalah yang sama, jadi apakah itu ramuan kuno atau obat modern, ada jawaban untuk setiap ibu yang khawatir. Namun, apakah obat resep merupakan jawaban yang harus dipilih ibu untuk membantu meningkatkan pasokan?

Ada beberapa obat resep yang digunakan para ibu untuk membantu memperbanyak asi. Ibu yang mengalami masalah dengan suplai ASInya mungkin mengalami kadar hormon prolaktin yang rendah. Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap rendahnya tingkat prolaktin, seperti stres, kurang tidur, dan obat-obatan lain yang disetujui, hanya untuk beberapa nama. Obat-obatan ini sebenarnya bekerja dengan mengurangi faktor-faktor ini, sebagai imbalannya, meningkatkan pasokan ASI.

Dua obat paling populer yang digunakan untuk meningkatkan pasokan susu adalah Reglan dan Domperidone. Masing-masing telah berhasil digunakan oleh banyak ibu. Namun, masing-masing obat ini memiliki banyak efek samping. Reglan tampaknya paling banyak menimbulkan masalah mulai dari diare, mual, dan kejang hingga depresi berat. Domperidone juga memiliki efek samping, seperti sakit kepala, kram perut, dan mulut kering. Obat ini telah dibuat oleh apotik majemuk di masa lalu. Namun, pada tahun lalu, FDA merilis peringatan kepada ibu menyusui tentang penggunaan obat yang tidak disetujui, Domperidone.

Walaupun obat-obatan ini telah digunakan secara efektif oleh banyak ibu untuk meningkatkan pasokan ASI mereka, kita harus bertanya pada diri sendiri, “Apakah efek samping ini sepadan?” Bahkan dengan informasi besar tentang obat-obatan ini, Anda tidak boleh mempertimbangkan untuk menggunakan apa pun sampai Anda berkonsultasi dengan dokter Anda.

Mempertimbangkan banyak pilihan alternatif yang para ibu dapat pilih untuk meningkatkan persediaan ASI mereka, peluang yang harus diambil seseorang ketika menggunakan obat-obatan ini mungkin tidak sepadan. Ramuan kuno, pengobatan rumahan, dan akal sehat lama yang baik mungkin akan meningkatkan pasokan susu juga, tanpa risiko terlibat dengan obat resep.

Karena itu, sebelum mendengarkan orang asing yang menyatakan bahwa Reglan atau Domperidone adalah obat ajaib, bicarakan dengan dokter Anda, dengarkan ibu-ibu lain yang Anda kenal, dan percayai perasaan Anda sendiri. Kita harus ingat bahwa kita telah membuat keputusan luar biasa untuk memberi bayi kita susu terbaik, tetapi kita tidak boleh melakukannya dengan merugikan diri kita sendiri atau bayi kita yang manis.


Leave a Reply