Penyebab Haid Tidak Teratur

Penyebab Haid Tidak Teratur

Bila Anda seseorang wanita, Anda tentu telah punya kebiasaan dengan haid tiap-tiap bulannya. Beberapa wanita yang menganggapnya jadi musuh, umumnya karna nyeri atau perasaan tidak enak yang ditimbulkannya. Tetapi bila haid tidak selekasnya datang walau sebenarnya telah saatnya, seseorang wanita tentu terasa cemas! Terkecuali jadi tandanya kehamilan, haid yang tidak kunjung datang dapat juga jadi awal haid tidak teratur penyakit liver

Haid tidak teratur bermakna Anda tidak alami haid atau periodenya senantiasa beralih tiap-tiap bln.. Wajarnya, periode haid berjalan sepanjang 2-8 hari tiap-tiap bln.. Bila lebih dari 8 hari, haid telah dipandang tidak teratur. Sama seperti bila haid tidak datang tiap-tiap bln. atau 36 hari sesudah periode haid terlebih dulu.

Apa pemicunya? Haid tidak teratur dikarenakan oleh beragam aspek, serta sebagian yang paling umum yaitu :

Kehamilan serta masa menyusui. Terlambat datang bln. mungkin saja sinyal awal kehamilan. Sedang menyusui mengakibatkan penundaan kembalinya haid sesudah masa kehamilan.

Kelainan tingkah laku makan. Kelainan seperti anorexia atau bulimia yang merubah tingkah laku makan pada akhirnya menyebabkan penurunan atau kenaikan berat tubuh yang ekstrim. Ke-2 perihal ini pula yang dapat buat haid tidak teratur.

Berolahraga terlalu berlebih. Banyak atlit wanita yang alami ketidakteraturan haid atau bahkan juga tidak haid sekalipun.

Sindrom ovarium polikistik. Sindrom ini dapat mengakibatkan tumbuhnya kista kecil pada rahim serta buat haid tidak teratur.

Kegagalan ovarium prematur. Kelainan ini merujuk pada hilangnya peranan normal ovarium sebelumnya umur 40 th.. Wanita yang alami kelainan ini juga akan rasakan tanda yang serupa dengan tanda menopause seperti haid tidak teratur atau tidak datang tiap-tiap bln. sepanjang bertahun-tahun.

Penyakit radang pelvis. Type penyakit ini menyerang organ reproduksi serta menyebabkan pendarahan menstruasi yg tidak teratur.

Mioma uteri—tumor jinak pada dinding rahim. Tumor ini menyebabkan perdarahan berlebihan pada haid serta perdarahan diluar periode haid.

Sebagian wanita mungkin saja rasakan perubahan sesudah minum pil KB, mereka pada akhirnya dapat melakukan perbaikan siklus menstruasinya–penggunaan pil KB mesti sesuai sama panduan dokter. Tetapi untuk yang lain, haid tidak teratur tidak dapat diatasi cuma dengan pil KB. Mungkin saja kontrol medis butuh dikerjakan untuk meyakinkan apa yang sesungguhnya jadi penyebabnya haid tidak teratur.

SEGERA PERIKSA KE DOKTER JIKA…

Periode haid tidak berlangsung sepanjang lebih dari 3 bulan—dan Anda tidak tengah hamil.

Periode haid mendadak jadi tidak teratur sesudah pernah teratur.

Berlangsung perdarahan yang lebih dari umumnya atau hingga mesti ganti pembalut tiap-tiap 1-2 jam sekali.

Berlangsung perdarahan diluar periode menstruasi.

Rasa nyeri yang hebat sepanjang periode haid

Anda mendadak alami demam serta terasa sakit sesudah menggunakan pembalut.


Leave a Reply