Persiapan Perjalanan Haji ke Tanah Suci Mekah dan Madinah

Baca dan pahami berbagai etiket yang harus diperhatikan dan ritual yang harus dilakukan selama Anda diberkati di Haramain. Informasi ini tersedia di buku teks standar tentang Haji dan Umrah. Saran kami kepada Anda adalah mengikuti hanya satu teks standar dan menggunakan yang lain untuk referensi.

Mulailah “pekerjaan rumah” Anda di Ramadhaan karena akan memberi Anda banyak kesempatan untuk revisi dan panduan memilih paket umroh di samping itu Anda akan mendapatkan banyak berkah karena Ibaadaat ini dilakukan di bulan suci Ramadhaan.

Jika Anda tidak mengerti apa-apa, jangan ragu untuk bertanya kepada salah satu Ulama yang terpelajar. Pada saat yang sama, catat permintaan Anda untuk referensi di masa mendatang.

Tutorial Haji & Umrah

Hadiri semua kelas haji di wilayah Anda. Selama pelajaran ini jangan malu untuk bertanya, tidak peduli seberapa sepele atau sepele mereka tampaknya. Jangan kaget jika bahkan para Ulama tidak dapat menjawab dengan segera,

karena mereka mungkin menunda menjawab Anda sampai Majlis berikut. Juga, semua yang hadir di Majlis itu akan mendapat manfaat, dengan satu atau lain cara, dari pertanyaan Anda.

Jangan mengadakan audiensi pribadi dengan Aalim setelah Majlis karena kolega Anda tidak akan mendapat manfaat dari permintaan pribadi Anda.

Tanggal Penting untuk Mencatat

Selama bertahun-tahun tanggal-tanggal berikut telah ditempuh oleh otoritas Saudi dalam mengeluarkan visa, tanggal masuk terakhir ke Arab Saudi dan tanggal terakhir perjalanan di dalam kerajaan. Perhatikan bahwa tanggal-tanggal ini sesuai dengan tanggal Islam yang berlaku di Arab Saudi dan belum tentu sama dengan tanggal di negara Anda, maka buat penyesuaian yang diperlukan saat merencanakan perjalanan (!)

1. Hari terakhir untuk aplikasi visa adalah tanggal 25 Zil Qadh. 
2. Hari terakhir bagi para peziarah untuk tiba di Arab Saudi melalui darat adalah akhir dari Zil Qadh (anggap tanggal 29!). 
3. Hari terakhir bagi para peziarah untuk tiba di Arab Saudi melalui udara atau laut di pelabuhan Jeddah menggunakan jalan raya khusus adalah hari ke-4 Zil Haji. 
4. Hari terakhir bagi para peziarah untuk tiba di Arab Saudi melalui laut di pelabuhan lain adalah akhir dari Zil Qadh. 
5. Hari terakhir bagi para peziarah untuk tiba di Madinah melalui udara adalah akhir dari Zil Qadh. 
6. Hari terakhir perjalanan oleh peziarah dari Jeddah ke Madinah dengan mobil adalah tanggal 26 Zil Qadh. 
7. Hari terakhir perjalanan oleh peziarah dari Jeddah ke Madinah melalui udara adalah akhir Zil Qadh. 
8. Hari terakhir perjalanan oleh jemaah haji dari Madinah ke Mekah dengan mobil adalah tanggal 5 Zil Haji. 
9. Hari terakhir perjalanan dengan jamaah haji dari Madinah ke Jeddah melalui udara adalah Zil Haji ke-6. 
10. Keabsahan visa bagi para peziarah yang datang melalui udara berakhir antara akhir Zil Haji dan 10 Muharram.

Aturan Visa Baru

Ini telah direvisi sebagai dari 1422 AH (2001) dan ditetapkan di bawah ini sebagai referensi umum, karena ada sedikit variasi dari satu negara ke negara. Visa tidak akan lagi dikeluarkan sampai akomodasi dan transportasi telah dibayar di muka seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Anda harus melakukan pemesanan melalui agen perjalanan yang ditunjuk di wilayah Anda yang secara resmi mewakili agen perjalanan yang berbasis di Saudi atau berafiliasi dengan agen perjalanan Kementerian Haji Saudi.

2. Agen lokal Anda akan menyarankan dan memesankan untuk Anda penerbangan Anda, transportasi di dalam Arab Saudi dan pengaturan akomodasi untuk Mekah dan Madinah, pembayaran yang akan dilakukan kepadanya sebelum keberangkatan Anda.

3. Agen perjalanan lokal Anda kemudian akan memberi tahu kedutaan Saudi tentang rincian Anda, bukti pembayaran dan rencana perjalanan.

4. Dia pada gilirannya akan dikeluarkan dengan visa Anda, (biasanya dalam dua minggu), setelah kedutaan puas dengan semua dokumentasi yang diberikan oleh Anda.

5. Agen lokal Anda kemudian akan memberi Anda nama, nomor telepon, dan alamat penghubung Anda di Mekah dan Madinah.

6. Di antara dokumentasi yang diperlukan untuk persetujuan visa adalah sebagai berikut: 
• Bukti Mahram menemani wanita dewasa yang belum menikah. 
• Sertifikat imunisasi internasional yang valid. (Jadwal ini bervariasi dari satu negara ke negara). 
• Bukti uang diambil. 
• Bukti status Anda sebagai seorang Muslim, terutama jika Anda memiliki nama yang terdengar “non-Muslim”. (Biasanya surat dari masyarakat Muslim setempat Anda sudah cukup). 
• Akte kelahiran anak-anak jika menemani Anda. 
• Surat nikah untuk perempuan yang sudah menikah.

7. Umrah visa tidak boleh dikeluarkan lebih dari satu kali dalam tahun Islam tertentu.

8. Ketika visa dikeluarkan untuk keluarga, semua tanggungan harus masuk dan meninggalkan kerajaan bersama.

Akomodasi Prabayar

Sebelum 2001, Anda bisa melihat-lihat, (baik di Mekah dan Madinah), untuk akomodasi pada saat kedatangan di sana. Ini bukan masalahnya sekarang seperti diuraikan di atas.

Hotel / apartemen / rumah kos dari berbagai kategori ditemukan di sekitar Haramain – semakin dekat ke Haram, semakin mahal penginapan. Tarif juga bervariasi sesuai dengan penawaran dan permintaan pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, tergantung pada apakah musim rendah, pertengahan, tinggi atau puncak.

Pertanyaan Tentang Akomodasi Prabayar

Saat melakukan pemesanan, tanyakan kepada agen perjalanan Anda tentang berbagai fasilitas di hotel / apartemen pilihan Anda, peringkatnya, kedekatannya dengan Haram dalam hal waktu berjalan, apakah bangunan itu terletak di

lereng atau di daerah berbukit, (terutama untuk Mekah), apakah ada tangga untuk naik ke lantai dasar bangunan, (lagi khusus untuk Mekah), apakah masing-masing kamar memiliki kamar mandi / pancuran / toilet, kipas angin,

AC, dan telepon atau lemari es bar, apakah staf meja depan berbicara bahasa Inggris / Urdu, apakah fasilitas travel umroh di medan memasak dengan peralatan tersedia di kamar atau di lantai yang sama, apakah fasilitas binatu tersedia di atau dekat

bangunan, apakah fasilitas perawatan rumah tersedia reguler, apa jenis makanan yang disajikan, berapa banyak lift di sana, di lantai berapa Anda akan ditempati,berapa banyak kamar per lantai, berapa banyak orang yang akan

berbagi kamar, apakah pria dan wanita akan terpisah, siapa yang akan mewakili agen selama haji, apakah Anda akan dipindahkan ke Azizya sebelum haji, apakah kamar akan tersedia selama Hari Haji, apakah kamar akan tersedia setelah haji, dll.