Tahapan Kegagalan Ginjal

Tahapan Kegagalan Ginjal

Peran Ginjal Anda

Ginjal Anda adalah dua organ berbentuk kacang yang terletak di daerah perut bagian atas melawan otot-otot punggung. Ginjal relatif kecil (bila dibandingkan dengan organ vital lainnya), namun memainkan peran penting dalam fungsi sehari-hari tubuh Anda. Ginjal Anda terdiri dari sejuta filter kecil yang disebut nefron. Mirip dengan pabrik penyaringan air, mereka mengatur kesehatan aliran darah Anda dengan menyaring limbah dan cairan ekstra dalam tubuh. Karena ginjal bertanggung jawab untuk menjaga aliran darah Anda bersih dan bebas dari racun, Anda tidak dapat bertahan hidup tanpanya.

 

Ginjal menyaring sekitar 120 hingga 150 liter darah untuk menghasilkan sekitar 1-2 liter limbah. Saat darah disaring, limbah dikeluarkan dari ginjal ke dalam kandung kemih sebagai urin. Tubuh Anda adalah sistem tertutup; Anda hanya bisa membuang sampah melalui gerakan berkeringat, bernafas, dan buang air kecil / buang air besar. Jika ada gangguan pada salah satu sistem ini, dampaknya bisa serius.

 

5 Stadium Penyakit Ginjal Kronis

Tidak ada gejala penyakit ginjal pada tahap awal, sehingga mudah bagi penyakit ginjal untuk tidak terdeteksi sampai telah berkembang ke tahap serius. Butuh beberapa saat untuk gejala muncul, karena degenerasi gejala lambat. Gejala biasanya tidak muncul sampai banyak kerusakan pada ginjal Anda terjadi, dan Anda telah mencapai tahap akhir Penyakit Ginjal Kronis (CKD). Saat Anda hampir gagal ginjal, Anda mungkin melihat gejala yang disebabkan oleh pemborosan ekstra di sistem Anda.

 

Perkembangan penyakit ginjal dikategorikan ke dalam lima tahap.

 

Tahap 1

Ginjal memiliki fungsi ginjal normal. Mungkin ada beberapa tanda penyakit ginjal ringan. Ginjal memiliki setidaknya 90% fungsi ginjal. Beberapa kelainan dapat ditemukan melalui urinalisis atau pekerjaan darah. Kemungkinan tinggi penyakit ginjal dapat ditentukan berdasarkan sifat genetik. Perawatan mungkin melibatkan beberapa perubahan diet dan obat tekanan darah ringan.

 

Tahap 2

Fungsi ginjal berkurang ringan. Mungkin ada beberapa tanda penyakit ginjal ringan. Ginjal memiliki 60-89% fungsi ginjal. Temuan lain, seperti urinalisis, kerja darah, dan sifat genetik, menunjukkan penyakit ginjal.

 

Tahap 3

Mungkin terasa normal, tanpa gejala gagal ginjal, bahkan pada tahap ketiga. Jika Anda mengalami gejala pada tahap ini, Anda mungkin merasa lelah, bengkak, mengalami perubahan nafsu makan, mengalami nyeri punggung yang tumpul, atau melihat perubahan dalam urin, dengan urin yang tampak jernih. Anda mungkin mengalami hipertensi atau perubahan pencernaan. Tahap tiga ditandai oleh fungsi ginjal yang berkurang, dengan fungsi ginjal pada 40-59%.

 

Tahap 4

Meskipun masih mungkin untuk tidak memiliki gejala pada tahap ini, ada kemungkinan peningkatan bahwa Anda akan mengalami kelelahan, pembengkakan, perubahan nafsu makan, sakit punggung, perubahan urin, hipertensi, dan pencernaan yang melambat. Anda akan menunjukkan tanda-tanda kekurangan ginjal kronis yang parah, dengan 15-29% fungsi ginjal.

 

Tahap 5

Tahap lima adalah gagal ginjal tahap akhir. Ginjal berfungsi 10-15%, dan gejalanya meliputi:

 

  • Gatal / ruam.
  • Kram otot.
  • Mual / muntah / diare.
  • Kehilangan selera makan.
  • Perubahan mental (kesulitan berkonsentrasi, mengingat, dll.).
  • Kelelahan, kantuk, dan kelemahan.
  • Bengkak di kaki dan pergelangan kaki.
  • Terlalu sedikit / terlalu banyak urin.
  • Kesulitan bernapas dan pulih dari olahraga.
  • Sulit tidur.
  • Sakit perut / punggung.
  • Demam.
  • Mimisan / anemia.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda melihat gejala-gejala ini, karena mungkin mengindikasikan penyakit ginjal, atau menjadi tanda gagal ginjal yang mengancam jiwa.

 

Baca Juga : Penyakit Ginjal Stadium Akhir


Leave a Reply