TEMPAT TIDUR BAYI YANG AMAN DAN NYAMAN

Banyak persiapan yang harus di kerjaan oleh orang tua saat menantikan kelahiran si buah hati. Salah satunya ialah harus mempersiapkan tempat tidur bayi. Pemilihan tempat tidur bayi mempunyai peranan yang sangat penting untuk kesehatan bayi, sebab sebagian besar waktu pertumbuhan bayi terjadi ketika ia sedang tidur. Oleh sebab itu, harus diperlukan persiapan yang sangat matang dalam memilih tempat tidur bayi, sehingga bayi bisa tidur dengan nyaman dan aman.

Apabila Anda menginginkan bayi yang tidur di ranjang yang sama dengan Anda, maka Anda bisa memakai tempat tidur khusus untuk bayi tanpa kaki seperti matras yang bisa diletakkan di tengah kasur, pastikan dulu kamar supaya tidak panas dan cukup oksigen. Apabila anda ingin bayi tidur terpisah, Anda dapat juga memilih boks bayi sebagai tempat tidurnya. Untuk memenuhi semua kebutuhan tidurnya supaya nyaman dan aman, pemilihan tempat tidur bayi ini tidak hanya bisa dilihat dari keindahannya saja. Berikut beberapa syarat tempat tidur yang nyaman dan aman untuk bayi.

Yang pertama, perhatikan juga jarak antara bilah, janganlah memilih jarak yang terlalu lebar yang dapat memungkinkan tubuh bayi terjepit atau terselip. Pastikan material yang menyusun stuktur tempat tidur bayi kokoh dan kuat.

Yang kedua, untuk memudahkan anda mengawasi bayi, letakkanlah tempat tidur bayi satu kamar dengan Anda. Jadi apabila sewaktu-waktu si kecil membutuhkan Anda, Anda bisa segera bertindak secara cepat. Hindarilah meletakkan tempat tidur bayi dekat dengan jendela,colokan listrik, tirai, lampu atau dekat dengan hiasan dinding yang memungkinkan hiasan dinding tersebut bisa jatuh ke dalam boks.

Yang ketiga, jika boks bayi terbuat dari bahan kayu, dan tidak berdinding empuk, Anda hanya dapat menutup dinding boks dengan kain empuk yang lembut atau bisa juga bantalan di kelilingi dinding. Hal ini untuk mencegah supaya bayi tidak terbentur atau terantuk saat bergerak di dalam boks.

Yang ke empat, pilihlah matras yang di khususkan untuk bayi, biasanya yang didesain tidak terlalu empuk. Hal ini supaya menghindari wajahnya bayi supaya tidak terbenam oleh alas tidur yang terlalu empuk. Perhatikan juga ukuran matrasnya dengan ukuran boks, janganlah sampai ada celah yang dapat membahayakan bayi. Penambahan karpet dari toko jual karpet masjid untuk aksesoris tambahan.

Yang terakhir, pakailah kelambu yang dapat mencegah bayi dari gigitan nyamuk. Jadi pilihlah kelambu yang dapat menutupi seluruh tempat tidur bayi, supaya perlindungan optimal.


Leave a Reply