Tiga Cara untuk Memperlambat Rabun Jauh

Memperlambat Rabun Jauh

Mengurangi rabun jauh – Miopia atau rabun jauh adalah masalah yang berkembang. Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini memperkirakan bahwa miopia akan mempengaruhi penglihatan untuk hampir setengah dari populasi global pada tahun 2050.

 

Miopia biasanya dimulai pada masa kanak-kanak ketika bola mata tumbuh terlalu panjang, menyebabkan penglihatan jarak buram. Kondisi ini disebabkan oleh riwayat keluarga, gaya hidup atau keduanya. Ini juga cenderung menjadi lebih buruk ketika anak-anak bertambah usia karena mata mereka terus tumbuh. Ini dapat memiliki dampak yang signifikan pada kehidupan sehari-hari seorang anak dan kadang-kadang dapat menyebabkan masalah kesehatan mata di masa depan. Untungnya, penelitian baru menerangi jalan menuju strategi yang lebih baik untuk mengelola miopia pada anak-anak. Begini cara mengurangi rabun jauh

 

1. Singkirkan perangkat

 

Data dari 145 penelitian yang mencakup 2,1 juta peserta mengungkapkan bahwa peningkatan mata minus terutama didorong oleh gaya hidup. Remaja masa kini menghabiskan banyak waktu melakukan aktivitas dekat kerja, seringkali pada perangkat elektronik. Tentu saja tidak realistis untuk meminta anak-anak untuk tidak menggunakan alat ini sama sekali, tetapi cobalah untuk membatasi mereka sehingga ada lebih banyak keseimbangan di hari anak Anda.

 

2. Kirim anak-anak ke luar

 

Anak-anak menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan di rumah dan di ruang kelas, jadi jika memungkinkan cobalah untuk merencanakan lebih banyak kegiatan di luar ruangan. Para peneliti menyarankan bahwa perkembangan miopia mungkin disebabkan oleh tingkat cahaya, yang mungkin berhubungan langsung dengan seberapa sedikit waktu yang dihabiskan anak-anak di luar ruangan saat ini. Bahkan, menurut Dewan Visi, hampir satu dari empat anak menghabiskan lebih dari tiga jam per hari menggunakan perangkat digital, ketika mereka mungkin lebih baik menuju luar untuk beberapa permainan kuno yang bagus.

 

Peningkatan aktivitas di luar ruangan telah terbukti memperlambat timbulnya miopia sebesar 11-34% . Salah satu alasan yang mungkin untuk ini adalah karena komponen sinar matahari mengaktifkan vitamin D, yang mungkin memainkan peran potensial dalam pertumbuhan mata. Juga, anak-anak biasanya terlibat dalam kegiatan penglihatan jarak yang lebih jauh ketika mereka berada di luar, yang menempatkan lebih sedikit tuntutan penglihatan dekat yang berat di mata muda.

 

3. Tanyakan kepada dokter Anda tentang cara mengelola miopia

Kacamata dan lensa kontak biasa dapat membantu anak-anak melihat dengan lebih jelas, tetapi mereka tidak memperlambat perkembangan miopi maupun mengurangi mata minus, yang berarti anak-anak mungkin membutuhkan resep yang semakin kuat saat mereka terus tumbuh. Namun, jenis lensa kontak tertentu, termasuk lensa lunak (ortho-k) dapat memperlambat kecepatan perkembangan miopia. Lensa kontak multifokal untuk anak-anak dengan mata minus dapat memperlambat perkembangan rabun jauh, memberikan perawatan yang lebih efektif dan efisien.

 

Mengontrol miopia pada anak-anak adalah penting karena ketika mata mereka tumbuh dan mata minus mereka meningkat, ketergantungan pada kacamata juga akan meningkat. Ini dapat mengurangi kemampuan anak untuk berpartisipasi aktif dalam olahraga dan kegiatan lainnya. Meningkatnya miopia juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mata di masa depan. Kunjungi Vio Optical


Leave a Reply