Tipe – tipe Rumah Yang Ada di Pasaran Masyarakat Indonesia

Sebelum membeli rumah atau properti lain, kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Termasuk tipe rumah yang akan di beli.

Soalnya, tipe rumah menentukan harga jual. Agak lucu jika kita pergi ke kantor agen real estat hanya dengan uang untuk membeli rumah tanpa mengtahui tipe rumah yang akan di beli.

Berikut jenis-jenis rumah. Ayo, kami mencoba menginformasikan kisaran harga.

1. Tipe rumah 21

Ini adalah tipe rumah terkecil. Luas bangunan 21 meter persegi. Biasanya, tipe rumah ini memiliki dimensi 3 x 7 meter, 5,25 x 4 meter atau 6 x 3,5 meter.

Di wilayah strategis, harga tipe rumah 21 bisa mencapai Rp 300 juta. Tetapi ada juga yang harganya hanya 80 juta jika ada subsidi pemerintah.

Biasanya, tipe rumah 21 hanya terdiri dari 1 kamar tidur. Yang jelas, rumah ini sederhana dalam hal pengorganisasian aula karena area yang terbatas. Tapi apabila kedepan nya anda punya budget anda bisa renovasi menjadi 2 lantai untuk menambah kamar. Banyak kok contoh desain rumah minimalis 2 lantai di internet

2. Tipe Rumah 36

Mereka yang merupakan pasangan baru biasanya mencari rumah jenis ini. Dimensi rumah tipe 36 biasanya 6 x 6 meter atau 9 x 4 meter.

Harganya bisa mencapai Rp 400 juta tergantung lokasi nya. Yang termurah biasanya sekitar Rp 100 juta.

Rumah tipe 36 biasanya memiliki 2 kamar tidur. Namun ada juga yang hanya dilengkapi kamar tidur.

3. Rumah Tipe 45

Tipe rumah 45, termasuk favorit Indonesia. Terutama kelas menengah. Karena harganya cukup terjangkau, tetapi cukup luas.

Berukuran 6 x 7,5 meter, rumah tipe 45 cukup luas untuk ditempati oleh keluarga dengan 1 hingga 2 anak. Harga termurah adalah sekitar $ 200 juta.

Kualitasnya lebih baik, harganya bisa mencapai 500 juta rupiah. Rumah tipe ini biasanya memiliki 2 kamar tidur.

4. Rumah tipe 54

Warga kelas menengah ke atas sering mencari rumah tipe ini. Rumah tipe 54 umumnya memiliki dimensi 13,5 x 4 meter atau 9 x 6 meter.

Dimensi tipe rumah 54 dapat dilengkapi hingga 3 kamar tidur. Ada juga yang hanya memiliki 2 kamar tidur. Namun ada taman yang cukup luas.

Harga rumah ini biasanya 300 juta rupiah di beberapa tempat. Di kawasan perumahan favorit, harganya bisa mencapai 800 juta rupiah .

5. Rumah Tipe 60

Dengan luas 60 meter persegi, rumah jenis ini akan terlihat luas. Sebuah rumah dapat terdiri dari 3-4 kamar.

Tapi tentu saja banyak nya kamar sesuai dengan harga. Harga resmi rumah ini bisa mencapai 900 juta rupiah. Namun di beberapa daerah, harganya bisa mencapai 400 juta rupiah.

6. Rumah Type 70

Dengan luas permukaan 70 meter persegi, rumah tipe 70 biasanya diburu oleh penduduk kelas atas. Harganya bisa mencapai miliaran rupiah.

Yang termurah mungkin sekitar 500 juta. Benar, rumah ini bisa dihuni oleh keluarga dan orang tuanya. Pasangan baru juga bisa tinggal di sini, tetapi dengan status tinggal atau menumpang orangtua.

Rumah tipe 70 dapat dibangun di satu lantai. Namun banyak juga yang mendesain rumah tipe dua ini sehingga ruangannya bisa lebih besar.

Ini adalah jenis rumah di Indonesia. Jenis-jenis rumah di atas biasanya dipasarkan di kompleks. Karena itu, jangan mencari rumah tipe ini di desa atau kawasan desa.

Selain tipe rumah, kita juga harus tahu cara membeli rumah yang aman. Ketahui juga persyaratan keuangan untuk memutuskan apakah akan membeli uang tunai atau kredit (KPR).