Tips Menghindari Palet Kayu Jamuran

Sekarang ini banyak sekali yang bertanya mengenai pertumbuhnya jamur pada palet kayu yang dapat melanggar undang-undang dalam  pengiriman barang. Spora jamur tentu saja ada dimana-mana. Mencari tempat untuk menyebar dan mendarat tentu saja harus terhindar dari jamur. Jamur pada palet kayu dapat disebabkan karna sumber kelembaban dan gulanya yang cukup bagus.

Tips Menghindari Palet Kayu Jamuran

Tips Menghindari Palet Kayu JamuranKelembaban Udara Menjadi Faktor Terjadinya Pertumbuhan Jamur pada Palet

Jika kelembaban di daerah penyimpanan sangat terjaga maka jamur dapat dihindari. Palet dengan kadar air rata-rata adalah 20% dan akan menolak untuk jamur bisa tumbuh. Untuk mendapatkan kadar air yang bagus maka perlu biaya dan usaha tertentu.

Tentunya jamur pada palet akan sangat memperburuk keadaan  palet dan akan membuat palet menjadi rapuh.  Jamur juga akan mencemari produk yang dapat secara langsung berhubungan dengan produk makanan. Kebanyakan orang tentu saja banyak yang melakukan heat treatment terhadap jamur. Proses perlakuan panas ini benar-benar dapat membawa uap air pada permukaan palet.

Tips Menghindari Palet dari Jamur

Untuk itu solusi dalam mencegah palet agar tidak jamuran adalah mulailah dengan dasar-dasarnya.  Perlu Anda sadari bahwa palet yang akan dikirim tentu saja mempengaruhi sebuah produk yang ada di dalamnya. Dengan menjaga palet agar tetap kering dan bersih merupakan langkah awal dalam menjaga palet agar terhindar dari jamur. Hindari untuk menyimpan di halaman dan lebih baik menyimpan palet di dalam trailer tertutup dalam jangka waktu yang lama.

Jika Anda mencuci palet maka lebih baik sampai bersih dan pastikan sudah kering. Dan hindari penyimpanan palet di tempat yang tertutup dalam jangka waktu yang sangat lama. Jika Anda menyimpan palet hijau di trailer tertutup maka ketika suhu turun akan menjadi titik embun dan dapat meningkatkan pertumbuhan jamur. Mungkin, anda juga bisa kunjungi halaman cara mengawetkan palet kayu agar lebih jelas dan mengerti cara / tips supaya palet kayu dapat bertahan lebih lama.

Gunakan Bahan Kimia atau Obat Anti Jamur

Atau Anda bisa mempertimbangkan bahan kimia jika sesuai dengan Anda. Karena di Indonesia sudah ada produksi obat anti jamur untuk palet kayu yang sangat efektif. Obat anti jamur ini dapat menjaga palet dari pertumbuhan jamur yang bisa membuat palet menjadi rusak dan rapuh.gunakanlah obat anti jamur agat palet Anda terlindungi dengan baik.


Leave a Reply