Perbedaan SEO dan SEM Pada Dunia Digital Marketing

Mendalami dunia digital marketing, ada banyak hal yang harus Anda pahami. Salah satunya adalah perbedaan SEO dan SEM. Kedua istilah ini seringkali muncul dalam dunia digital marketing yang sedang Anda dalami. Keduanya memiliki kemiripan, namun tetap saja ada perbedaan yang mencolok.

SEO dan SEM adalah dua aspek yang sangat besar peranannya dalam performa sebuah website. Dua nama ini bukan hal baru dalam dunia internet. Terlebih bagi mereka yang sudah lama terjun ke dalam bisnis online. Ada banyak juga yang membahas konten mengenai ini. Salah satunya adalah Jasa PBN Premium.

Untuk Anda yang sedang menekuni bisnis yang sama, memahami kedua hal ini sangatlah penting. Keduanya memiliki nama dan fungsi yang sama, namun memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaannya? Simak paparannya di bawah ini.

Perbedaan dari Pengertiannya

Perbedaan SEO dan SEM yang pertama terletak pada pengertiannya. Seperti yang Anda pahami , pengertian dari sebuah istilah sangat fundamental dan penting untuk Anda pahami. Pengertian dari SEO dan SEM ini sendiri memang sudah jauh berbeda.

SEO bisa diartikan cara khusus yang digunakan untuk mengoptimasi sebuah website. Biasanya trik SEO ini dikaitkan dengan algoritma dari Search engine yang digunakan. Dalam hal ini misalnya Google. Untuk menerapkan SEO Anda harus mengikuti beberapa trik yang bisa memaksimalkan performa web Anda di mata Google.

Sedangkan penerapan SEM tidak membutuhkan trik apapun. Anda hanya perlu mengikuti program yang sudah dibuat Google untuk memaksimalkan performa website Anda. Secara otomatis google akan menempatkan web atau konten Anda di posisi pertama hasil pencarian Google.

Waktu Yang Dibutuhkan

Perbedaan SEO dan SEM selanjutnya terletak pada waktu. Penerapan SEO membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena  Anda harus menunggu Search Engine melakukan crawling terhadap konten yang Anda optimasi. Paling cepat, hal ini memakan waktu satu hari penuh. Setelah konten Anda dicrawling, barulah konten Anda ini bisa muncul di dalam hasil pencarian Google.

Berbeda dengan SEO, SEM tidak membutuhkan waktu crawling. Karena  Anda menjadi prioritas utama dari Search Engine yang dipilih. Beberapa saat setelah produk Anda mengikuti program SEM, konten yang Anda pasarkan akan muncul pada halaman pertama Google. Bahkan ada juga yang muncul pada pencarian utama atau Zero SEO.

Perbedaan dari Cara Penerapan

Menerapkan SEO, Anda tidak hanya bisa melakukannya sendiri. Saat ini ada banyak jasa SEO yang bermunculan seperti misalnya Bali SEO Services. Anda bisa meminta jasa SEO seperti ini untuk memaksimalkan kualitas SEO dari website atau konten yang Anda miliki. Namun penerapan SEM, Anda tidak bisa meminta jasa lainnya.

Inilah yang lainnya. Produk satu ini sudah disediakan khusus oleh Google. Jadi urusannya terbatas hanya antara Anda dan Google. Kalaupun ada pihak yang membantu, mereka hanya akan memfasilitasi, namun tidak menjadi pihak ke tiga.

Biaya Optimalisasi Yang Dibutuhkan

Tidak hanya beberapa poin di atas, perbedaan lainnya terletak pada biaya yang dibutuhkan. Kalau Anda memahami teknik optimasi SEO dengan baik, Anda tidak membutuhkan biaya apapun untuk melakukannya. Namun hal ini berbeda dengan penerapan SEM pada website.

Penerapan SEM pada website membutuhkan biaya. Dan biaya ini sudah dibanderol khusus oleh Google. Anda hanya perlu melakukan pembayaran tepat waktu dan Google akan terus menampilkan konten Anda sebagai iklan selama Anda melakukan pembayaran sesuai perjanjian.

Sangat penting bagi Anda untuk memahami paparan di atas. Terlebih kalau Anda bergerak di dalam dunia digital marketing. Dengan memahami perbedaan dari keduanya Anda bisa membuat pertimbangan yang matang. Karena  dengan memahami perbedaan SEO dan SEM di atas, Anda jadi bisa membuat keputusan yang tepat.